Kolose 1:15-23 part 1


Paulus pada perikop ini membahas mengapa harus Yesus yang bisa menjadi jalan keselamatan itu. Pertama-tama, Paulus menekankan bahwa Kristus adalah gambar dari Allah yang tidak terlihat oleh manusia dan yang sulung dari semua ciptaan. Kedua hal ini mendasari dari natur Kristus yang lain.

Gambar dari Allah yang tidak terlihat berarti adalah Kristus merupakan image of God. Hal ini berarti bahwa ada substansi keTuhanan pada Kristus yang merupakan jiplakan dari Allah Bapa. Ini memberikan Dia kesempatan untuk hidup suci tanpa dosa. Hal ini juga membuatNya menjadi pribadi yang dapat menjalani fungsi raja, imam dan nabi; yang dimana semuanya dimenangkan oleh Kristus semasa hidupNya.

Hal yang kedua adalah sulung dari seluruh ciptaan. Sulung di sini bukan berarti bahwa Yesus dilahirkan terlebih dahulu diantara para ciptaan lainnya. Namun Paulus ingin menekankan pada hak istimewa yang didapatkan oleh seorang anak sulung menurut kebudayaan Israel zaman itu. Jika kita mengingat cerita Esau dan Yakub, kita tahu bahwa kesulungan bukanlah hal sepele bagi bangsa Israel. Kesulungan berarti mewarisi segala kekayaan bapa dari anak tersebut dan mewarisi segala kekuatan dan hal-hal lainnya. Dalam kasus ini, Yesus adalah anak Allah Bapa. Dengan status sebagai anak sulung, implikasinya adalah Yesus adalah pewaris kerajaan Sorga dan segala kemuliaan Allah Bapa.

Dari kedua hal ini, kita dapat melihat dasar dari alasan mengapa Kristus adalah jalan satu-satunya bagi kita. Kita sering mempercayai sesuatu dengan apa adanya. Jika pendeta mengatakan, “Yesus lah satu-satunya juru selamat kita! Yang percaya katakan amin!” Kita dengan mudahnya mengatakan ‘amin’ tanpa bahkan tahu, kenapa Dia?

Mari kita kenal Tuhan kita lebih dekat dengan belajar lebih giat mengenai siapa Dia. Terutama pada pembahasan satu perikop ini, terdapat elemen Kristologi dari Paulus yang sangat kental. Kiranya Tuhan mencerahkan kita, agar boleh mengerti rahasia mengenai anakNya.

Gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjaAV4vTV85x2pGuo3fUpVYrhSPsrAGbotaEj4OngqMbq_fudfBj68IVDDTJEPWFBeTwB_jkS2s-rr6lbfVEmZkmBdb2Yc53NJc1YAp1zSsRvexRRodhRe4S3IoIsAkIJwvhxUlZrBKgT5M/s1600/god.jpg

Comments