Kolose 1:15-23 part 2


Pada kalimat kedua dalam penjelasannya ini, Paulus mengatakan bahwa Yesus adalah asal dari segala ciptaan dan tujuan dari segala ciptaan. Dua hal ini meneguhkan bahwa Dia adalah bagian dari Alfa dan Omega dari segalanya.
Maksud Paulus dengan menyebutkan Yesus adalah asal dari ciptaan adalah karena Kristus ada bukan sejak inkarnasiNya ke dalam dunia ini. Kristus ada dalam kekekalan bahkan sejak sebelum dunia diciptakan. Sehingga Allah pribadi kedua ini, yaitu Allah anak juga merupakan pribadi yang ikut serta dalam proses penciptaan. Hal ini meneguhkan keilahian Kristus.

Selain merupakan pribadi Pencipta, Yesus juga merupakan alasan kenapa semua hal dicipta. Paulus menekankan bagian Yesus dalam keTritunggalan Allah. Di mana setiap mahluk diciptakan untuk kembali memuji dan memuliakan Allah Tritunggal dimana Yesus menjadi salah satu pribadi.

Satu hal yang dapat kita semua renungkan adalah apakah kita sudah menTuhankan Dia? Paulus menyatakan bahwa Dia adalah Pencipta kita. Apakah hidup kita sudah bersandar HANYA pada Dia yang menciptakan kita? Paulus menyatakan bahwa Dia adalah tujuan SATU-SATUNYA segala pujian dan sembah kita. Apakah Dia satu-satunya segala pujian dan sembah kita tujukan? Mengutip dari kalimat seorang pendeta, dia mengatakan bahwa keselamatan dari Tuhan adalah gratis, namun untuk menjadi muridNya, kita harus meinggalkan segalanya. Hal ini menyatakan bahwa kekristenan adalah sesuatu yang eksklusif.

Kita sering kali dalam hidup hanya mengetahui bahwa Kristus adalah Tuhan, namun tidak menTuhankan Dia. Kiranya kita, dalam hidup kita boleh menTuhankan Kristus seperti seharusnya. Biarlah semua hidup kita terfokus untukNya dan hanya bagi Dialah segala pujian, sembah dan syukur kita ucapkan.

Solus Christos!

Gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjy3UNjIkcZlx2Ou7TPy5gAUcVw8FR9lhAI9y3qcyKJZe4v2fXC1GjSxlNTDItm3Cin72EIOz5bAy4kBr-x-aiz-enPx5oPW8RpHgYR1vEMNV2lqWvrHRA077uvAF5UGljUi2CNcqfq1FU/s1600/JesusAlphaOmega.jpg

Comments