Kolose 1:15-23 part 6


Maaf jika 2 hari terakhir ini tidak ada renungan harian. Karena acara tahun baru Imlek, saya harus pulang ke kampung halaman dimana sulit mendapat akses internet. Semoga Firman hari ini dapat menyegarkan kita kembali.

Pada paragraf selanjutnya di perikop ini, Paulus memulainya dengan menyatakan kondisi orang Kristen dahulu sebelum ditebus dan setelah ditebus, serta apa yang dapat menyebabkan perubahan tersebut.
Paulus menyatakan bahwa dahulu, kita adalah pribadi yang jauh dari Tuhan dan memusuhiNya. Frase jauh dari Tuhan memiliki terjemahan yang lebih baik pada bahasa Inggrisnya. Pada Alkitab ESV, dituliskan frase tersebut dengan kata alienated. Kata ini dengan tepat mendeskripsikan bahwa dahulu kita adalah pribadi yang dikucilkan dan dijauhkan dari Tuhan. Terlebih lagi, kita melakukan tindakan yang jahat di mataNya yang berarti perlawanan terhadap Dia.

Namun Kristus telah mendamaikan kita dengan Allah Bapa dengan tubuh dan dagingNya dalam kematianNya di salib. PengorbananNya membuat kita dapat menjadi suci dan tak bercacat di hadapan Allah Bapa. Hal ini menjadi signifikan karena terjadi perubahan drastis dari status kita yang lama, yang dikucilkan dari Allah karena dosa menjadi kembali didamaikan dengan Allah dan dapat bersekutu denganNya kembali.

Kita sebagai orang Kristen harus terus mengingat hal ini. Kita harus terus mengingat ke belakang akan masa lalu kita yang begitu gelap. Namun bukan berarti kita terus terikat di dalam kegelapan tersebut! Iblis mungkin akan terus membisikkan kepada kita hal-hal yang berusaha membuat kita terus bersalah akan masa lalu kita. Namun kita harus ingat kembali bahwa kematianNya telah membebaskan kita dari belenggu. Ia memampukan kita menatap jalan di depan, yaitu jalan yang menanjak penuh dengan tantangan, namun ujungnya adalah kemuliaan bersama Kristus.

Kiranya setiap dari kita mengingat kembali kasihNya yang memilih kita untuk diselamatkan dalam terang. Agar hidup ini tidak terus melihat ke belakang dan mengasihani diri, namun dapat melihat ke depan yang cerah bersama dengan Kristus.

Gambar diambil dari:http://iphincow.files.wordpress.com/2010/02/ceritamotivasi-citacita.jpg


Comments