Kolose 1:24-2:5 part 2


Paulus melanjutkan perikop ini dengan sebuah pernyataan mengenai dirinya. Paulus mengatakan bahwa gereja, yang merupakan tubuh Kristus, merupakan tempat dimana dia menjadi seorang yang dipercayakan untuk mengatur, dengan tujuan agar Firman Tuhan diketahui oleh semua orang.

Paulus menejlaskan bahwa dirinya merupakan orang yang dipilih Tuhan untuk menjadi orang yang bertanggung jawab atas gereja Tuhan pada waktu itu. Tujuannya sebagai orang yang bertanggung jawab atas gereja adalah bagaimana membuat gereja mengabarkan Injil agar nama Tuhan terdengar oleh semua orang. Namun Paulus bukanlah orang yang seperti boss duduk di atas sebagai orang yang in-charge atas gereja dan hanya menyuruh orang untuk bertindak.

Paulus bekerja dengan memberikan contoh semangat penginjilan kepada orang lain. Hal ini membuat orang lain yang mendengar injil dari Paulus terbakar oleh api penginjilan dan digerakkan oleh Roh Kudus untuk ikut menginjili orang lain. Epafras adalah salah satu orang contoh yang terbakar dari penginjilan Paulus. Namun kita tidak boleh lupa bahwa Paulus menderita dan tersiksa dalam penjara juga karena Injil yang diberitakan ini.

Sebagai orang Kristen, kita harus mengerti kewajiban kita untuk mengabarkan Injil. Injil bukanlah milik kita yang kita boleh simpan dan pendam. Ketika kita mendapatkan sukacita karena Injil, maka hal yang kita harus lakukan adalah membagikan Injil tersebut kepada orang lain agar orang lain juga merasakan sukacita karena Injil tersebut. Namun bersamaan dengan Injil yang diberitakan, akan banyak tantangan menanti. Banyak orang akan mencibir kita. Banyak orang akan membenci kita bahkan. Bahkan mungkin kita akan dianiaya secara fisik. Namun kita harus tetap mengingat bahwa anugerah Tuhan kepada kita lebih besar dari semua itu.

Kiranya kita boleh terus sebagai gereja mengabarkan Injil ke orang lain dan siap menderita demi namaNya diberitakan. Kita tidak akan kuat menghadapai semua itu sendirian. Hanay pertolongan dari Tuhanlah yang akan memampukan kita untuk melakukan semua hal tersebut.

Gambar diambil dari: http://readingacts.files.wordpress.com/2011/10/chained.jpg

Comments