Kolose 1:24-2:5 part 5

Paulus melanjutkan penjelasan mengenai perjuangannya di kelanjutkan perikop ini. Paulus menjelaskan bahwa ia berjuang dengan susah payah untuk jemaat-jemaat yang belum pernah bertemu muka dengan muka dengan Paulus seperti jemaat di Laodikia dan Kolose. Bagaimana ia mengusahakan agar jemaat-jemaat tersebut boleh menjalin kasih satu sama lain agar mereka boleh mengerti misteri tersebut, yaitu Kristus, dimana semua harta mengenai kebijaksanaan dan pengetahuan berada.

Paulus menjelaskan usahanya untuk berjuang di sini bukan untuk membuat orang lain kasihan kepadanya. Bukan juga untuk meninggikan dirinya yang sudah menderita. Paulus justru menceritakan hal ini kepada jemaat di Kolose agar mereka sadar akan sulitnya menggembalakan jemaat tanpa bertemu langsung dan menggembalakan satu per satu orang dengan detail. Hal ini membuat jemaat di Kolose sadar akan betapa berartinya mereka dan betapa seriusnya pesan yang ingin disampaikan Paulus dengan suratnya ini.

Hal ini juga membuat kita jemaat Tuhan di masa kini belajar suatu semangat penggembalaan yang tinggi dari Paulus. Paulus menyebutkan bahwa ia menargetkan penginjilan pada suatu jemaat agar suatu jemaat tersebut dapat bertumbuh sampai dewasa dalam iman. Paulus lalu menggambarkan betapa sulitnya untuk dapat menggembalakan jemaat yang tidak ditemui secara langsung. Hal ini harusnya membuat kita semakin ingin berjuang untuk menjangkau jemaat pilihan Tuhan yang jauh dari sumber Firman. Keperdulian kita ini dapat kita awali dengan mendoakan mereka dan nantinya bertumbuh menjadi keinginan untuk menginjili mereka yang berada jauh di pedalaman.

Tujuan Paulus dalam menggembalakan ini juga dijelaskan di sini. Paulus menginginkan bahwa jemaat yang ia gembalakan agar menjalin kasih satu dengan yang lain dalam Kristus agar boleh lebih mengenal Kristus dan bertumbuh di dalamNya.

Kiranya semangat Paulus ini boleh hidup di dalam kita. Mengetahui kesengsaraan dan perjuangan Paulus tidak boleh membuat kita mengasihani dia, namun justru membuat kita ingin meneladaninya lebih lagi.

Gambar diambil dari: http://www.welcometohosanna.com/PAULS_MISSIONARY_JOURNEYS/PaulImages/Paul-prison2.jpg

Comments