Kolose 1:24-2:5 part 6


Paulus melanjutkan perikop ini dengan mengatakan bahwa ia mengatakan semua hal di atas agar jemaat di Kolose boleh tidak goyah ketika ada orang yang mencoba untuk menyesatkan mereka melalui argumen mereka.

Paulus memberikan doktrin yang mendasar, singkat namun padat ini demi mengatasi masalah yang dihadapi oleh jemaat di Kolose. Jemaat di Kolose hanya mendapat kesempatan untuk mendengar berita bahwa keselamatan ada pada iman akan Kristus. Namun mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengenal lebih siapa Kristus itu. Alhasil mereka tidak memiliki cukup akar untuk bertahan melawan ajaran-ajaran sesat yang tersebar di Kolose. Oleh sebab itu Paulus memberikan doktrin dan pengenalan akan siapa Kristus yang mereka percaya dalam surat ini, dengan harapan bahwa dengan doktrin dan pengenalan akan siapa Kristus itu, jemaat Kolose bisa lebih teguh berdiri melawan ajaran sesat tersebut.

Dari kisah jemaat di Kolose kita bisa melihat betapa hebatnya kekuatan Injil tersebut. Dengan berita keselamatan mengenai Kristus, orang dapat berubah drastik. Namun dari kasus jemaat di Kolose ini juga kita dapat belajar bahwa jika kita berhenti hanya pada berita tersebut, kita akan sulit bertahan di dunia yang jahat ini. Hal ini diungkapkan bapa gereja Agustinus dengan “Faith seeking understanding.” Iman yang bertumbuh akan mencari pengertian tentang apa yang diimani. Semakin kita memiliki hati yang tunduk akan Firman, dan doktrin yang teguh, kita akan semakin dapat dipakai Tuhan untuk berbagai hal dalam pelayanan.

Di sini Paulus secara tidak langsung menghancurkan ucapan orang zaman sekarang yang sering beranggapan bahwa doktrin tidaklah penting, yang penting percaya Kristus. Tentu itu benar, karena yang menyelamatkan kita bukanlah seberapa dalam kita belajar Teologi, namun iman kita. Namun jika kita tidak memiliki doktrin, apakah yakin bahwa kita percaya Yesus yang benar? Yesus yang ada dalam Alkitab, bukan yang lainnya?

Kiranya kita boleh melihat kepentingan dari belajar doktrin. Bukan supaya kita lebih hebat satu dengan yang lain, namun demi mengenal Tuhan kita lebih dan boleh memberi kita akar kuat yang membantu kita menahan ajaran sesat.

Gambar diambil dari http://ifcasocal.org/home/180007190/180007190/images/doctrine_og.jpg

Comments