Kolose 1:24-2:5 part FINAL


Pada keseluruhan dari perikop ini, Paulus membicarakan secara singkat mengenai pelayanannya. Paulus menceritakan penderitaan, pergumulan dan perjuangannya dalam membina jemaat-jemaat pada waktu itu. Paulus menekankan terutama untuk jemaat-jemaat yang belum pernah bertemu dengan dirinya seperti jemaat di Kolose, Paulus memberikan gambaran akan tantangan untuk membina hanya dengan melalui surat.

Selain menjelaskan mengenai pergumulannya, Paulus juga menjelaskan bahwa tujuannya melakukan semua itu hanyalah satu, supaya misteri karya keselamatan Allah melalui Yesus Kristus boleh diketahui oleh banyak orang. Tidak hanya sebatas mengetahui, Paulus bertujuan agar jemaat-jemaat yang ia gembalakan boleh memiliki kedewasaan dalam iman.

Dalam perikop ini kita bisa menangkap semangat Paulus untuk emngabarkan Injil. Kita sebagai orang Kristen harus meneladani api semangat yang dimiliki oleh Paulus ini. Paulus rela menderita dan susah untuk demi apa yang Tuhan kehendaki. Rela ditindas demi mengabarkan Injil Kristus melalui karya keselamatanNya. Inilah api yang sesungguhnya. Api penginjilan ini tidak padam ketika Paulus berada pada kondisi yang sangat pelik sekali terjadi pada Paulus. Namun api ini bergantung penuh terhadap anugerah  yang Tuhan beri. Tanpa anugerah Tuhan dalam kedaulatanNya, maka api ini akan dipindahkan.

Bagaimana respon kita sebagai gereja Tuhan pada zaman ini ketika membaca perikop ini? Gereja pada zaman kita sekarang dapat dikatakan lumpuh karena sudah tidak memiliki semangat penginjilan yang sejati. Melihat kesaksian hidup dari Paulus harus membuat kita bertobat lagi. Kita harus sadar bahwa Injil harus diberitakan. Injil bukanlah milik kita sendiri saja. Banyak orang pilihan Allah di luar sana yang sedang menunggu waktu untuk mendengar kabar gembira yang telah mentobatkan kita terlebih dahulu. Sebagai orang yang telah menerima  berkat ini terlebih dahulu, tugas ktia semualah bukan hanya pendeta dan penginjil untuk mengabarkan Injil ke orang banyak.

Mari kita semua berdoa, meminta kembali api yang sudah hampir padam pada gereja zaman ini. Api penginjilan yang mendorong kita untuk dapat menginjili orang lain. Agar nama Yesus dan karya keselamatanNya boleh diengar oleh orang banyak.

Gambar diambil dari: http://blogs.nd.edu/thecc/files/2012/05/st-paul-preaching.jpg

Comments