Kolose 2:6-15 part 3


Pada kelanjutan dari perikop dalam surat Kolose ini, Paulus membandingkan ajaran sesat mengenai roh-roh duniawi dengan Kristus. Paulus menyatakan bahwa di dalam Kristus semua keTuhanan berada dalam tubuh, dan jemaat Kolose (dan juga kita orang percaya) sudah dipenuhi olehNya yang adalah kepala dari semua kekuasaan.

Perbandingan Paulus ini membedakan kualitas roh-roh dunia dengan Kristus. Paulus menyatkan bahwa Kristus adalah Tuhan yang menjadi manusia dan memiliki tubuh yang nyata. Sedangkan roh-roh duniawi dari manapun tidak akan ada yang berwujud manusia dan memiliki dwinatur seperti Kristus. Hal kedua adalah Paulus menegaskan bahwa Kristus adalah pribadi yang berkuasa, raja diatas segala raja. Hal ini akan meneguhkan jemaat Kolose yang terus dibuat khawatir oleh ajaran sesat mengenai roh-roh jahat.

Pertanyaannya bagi kita semua, apakah kita percaya dengan iman bahwa Kristus kita besar? Zaman ini merupakan zaman yang mirip dengan konteks jemaat di Kolose waktu surat ini ditulis. Banyak kepercayaan-kepercayaan pada zaman ini yang membuat kita mudah ketakutan sendiri. Ambil contoh kepercayaan mengenai setan (yang dipacu banyaknya film-film horror), kepercayaan mengenai zodiac, kepercayaan mengenai feng shui dan lain-lain. Kita kadang lebih gentar, takut atau bahkan percaya terhadap kepercayaan-kepercayaan tersebut dibanding dengan beriman kepada Tuhan. Padahal kita memilki Tuhan yang lebih besar dari semua hal tersebut. Semua hal tersebut berada di bawah kedaulatanNya saja.

Sering sekali kita percaya bahwa ada orang yang dapat melihat setan sebagai contoh. Lalu kita ditawarkan kemampuan untuk melihat setan tersebut juga. Sering kali kita takut sendiri dan menolak hal tersebut karena takut. Jika memang semua hantu dan setan tersebut benar-benar ada, lalu kenapa? Adakah sesuatu yang membuat kita harus takut kepada mereka? Tuhan kita adalah Tuhan yang Mahakuasa. Tuhan kita adalah Tuhan yang tertinggi. Kalaupun, semua setan tersebut dapat membunuh kita, mereka pasti tidak akan dapat menyelamatkan kita dan membawa kita ke Sorga. Jadi, untuk apa kita menakuti mereka? Karena hanya Tuhan Alalh pencipta alam semesta ini yang dapat menyelamatkan jiwa kita ke Sorga melalui karya keselamatan AnakNya Yesus Kristus.

Oleh sebab itu, kiranya kita semua boleh mengerti siapa Roh yang kita harus tunduk di bawahNya. Bukan tanpa alasan, namun karena Dialah Roh yang memiliki kuasa atas segala hal di dunia ini.

Gambar diambil dari: http://3.bp.blogspot.com/-E_6ng0xDMqw/UGMlypDfbSI/AAAAAAAAADU/vPWkm7hpztM/s1600/JesusKing2.jpg

Comments