Kolose 2:6-15 part 4


Pada kali ini, Paulus melanjutkan perikop ini dengan membandingkan keselamatan dari Kristus dengan tradisi orang Yahudi. Paulus mengatakan dalam Kristus kita sudah disunat dengan sunatan yang tidak dilakukan dengan tangan namun dengan menanggalkan manusia lama kita yang berdosa dengan sunat dari Kristus.

Pada perjanjian lama, sejak Alalh berjanji kepada Abraham untuk menandai umat pilihan dengan sunat, bangsa Israel memegang erat keyakinan bahwa bangsa di luar Israel yang tidak disunat merupakan umat yang tidak dipilih Allah. Hal ini menjadi hal menjadi masalah ketika di perjanjian baru Tuhan membukakan bahwa keselamatan bukan ada pada orang yang disunat, namun pada orang yang percaya akan karya keselamatan Kristus. Hal ini juga membuat adanya ajaran sesat yang mengajarkan bahwa percaya Kristus tidaklah cukup, harus ada sunat secara fisik untuk dapat masuk ke dalam umat perjanjian.

Namun Paulus pada bagian Alkitab ini telah menjelaskan bahwa itu adalah hal yang tidak benar. Karena dulu ketika Allah berjanji dengan Abraham, sunat menjadi suatu simbol. Pada konteks Kristus, sunat tidak lagi menjadi simbol, namun menjadi sebuah ciri hidup orang yang ditebus. Sunat pada karya keselamatan Kristus dikatakan Paulus tidak dilakukan oleh tangan, karena tidak perlu lagi ada sunat fisik. Sunat yang ada, yang menjadi ciri hidup orang yang ditebus adalah sunat yang menghilangkan kehidupan kita yang lama sebagai orang berdosa.

Hal ini menjadi refleksi bagi kita semua orang yang sudah ditebus. Apakah kita benar-benar sudah ditebus? Ataukah status ditebus dan lahir baru itu Cuma sekadar status yang simbolis saja seperti sunat? Ataukah kita sudah membuktikan status itu dengan hidup yang diperbaharui setiap harinya? Jangan sampai kita sudah merasa diselamatkan, sudah merasa bahwa kita milik Tuhan, namun ternyata semua itu hanyalah simbol-simbol belaka.

Mari kita semua menghidupi hidup ini dengan benar, tidak hanya baik. Mintalah kepada Tuhan agar hidup kita menjadi hidup yang terus diperbaharui setiap waktu dan dapat dengan penuh meninggalkan hidup kita yang berdosa.

Gambar diambil dari: http://wagraham.files.wordpress.com/2012/06/manassehs_sin_and_repentance_bible_card.jpeg

Comments