Efesus 1:15-23 Part 1


Perikop ini secara utuh berisi tentang doa dari Paulus kepada gereja di Efesus. Doa adalah salah satu hal yang menjadi esensi keKristenan. Dari doa Paulus ini, kita boleh mendapat esensi dari doa itu sendiri.

Paulus mengawali dengan sebuah ucapan syukur kepada jemaat Efesus yang merupakan tujuan dari doa ini. Dalam hal ini saja, terdapat perbedaan signifikan dari kita umat Kristen zaman sekarang . Paulus bukanlah sedang mendoakan jemaat di Efesus agar mereka lebih kaya, atau lebih sukses. Namun Paulus mendoakan jemaat ini agar mereka lebih memiliki hikmat kebijaksanaan dari Tuhan untuk boleh mengenal Tuhan sang Pencipta melalui wahyuNya.

Di sini Paulus mengerti apa yang apling dibutuhkan oleh umat Kristen. Yang menjadi kebutuhkan utama orang Kristen bukanlah uang, bukan juga makanan, namun yang menjadi kebutuhkan utama orang Kristen adalah pengenalan akan Tuhan kita! Kita hanya perlu mengkhawatirkan hal yang satu ini, pertama karena hal ini berarti kekekalan dan kedua seperti Matius 6:33 berkata, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Tuhan akan mencukupkan orang yang mencari Dia siang dan malam. Itu adalah janjiNya kepada hambaNya yang setia.

Jadi, apakah yang selama ini kita doakan? Apakah yang menjadi permintaan kita di hadapan Tuhan? Mari kita boleh semua sadar dan minta ampun kepada Tuhan agar boleh memiliki hati yang lebih merindukan Tuhan dan hati yang hanya terpikat oleh Tuhan sendiri agar seluruh hidup ini hanya memiliki sebuah arah yang benar.

Comments