Efesus 1:15-23 part final


Perikop ini diberi judul Thanksgiving and Prayer dalam ESV Bible. Sesuai dengan judul dari perikop ini, perikop ini berisi sebuah doa seorang hamba yang mengucap syukur atas turunnya berkat terbesar sepanjang masa kepada seluruh umat pilihan secara khusus jemaat di Efesus. Dalam perikop ini Paulus menunjukkan apa itu berkat sejati yang tidak mungkin di dapat di luar Allah yang sejati.

Apa itu berkat terbesar yang kita terima? Berkat tersebut bukanlah harta, harta tersebut bukanlah ketenaran, bukan juga kelancaran hidup, bahkan bukan kesehatan. Berkat yang terbesar yang diterima kita sebagai umat yang dipilih untuk menjadi umat Tuhan adalah sebuah wahyu pengenalan akan diriNya melalui perantara AnakNya yang Tunggal Kristus Yesus Tuhan kita, yang melaluiNya Allah Bapa mendemonstrasikan kekuatanNya yang terbatas melalui penyertaanNya sepanjang hidup Yesus, kematianNya sampai pada kebangkitanNya.

Paulus mengucapkan syukur karena mengingat bahwa jemaat di Efesus telah dianugerahi kesempatan untuk memiliki berkat terbesar ini. Jika Paulus mengucapkan syukur kepada Tuhan karena ada jemaat gereja di efesus yang menerima berkat ini, bagaimana dengan kita? Kapan terakhir kali kita bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang paling besar dan paling dasar ini? Kita sering bersyukur karena hidup ini lancar, berhasil melalui rintangan, diberi penghiburan dan lain-lain. Namun kita lupa, akan sebuah berkat yang jauh lebih besar dari semua itu, yaitu bahwa Tuhan memilih kita sebagai anak-anakNya yang melalui kematian dan kebangkitan Kristus boleh diselamatkan dan mengenal diriNya dan kehendakNya.

Kiranya kita semua sadar akan anugerah ini dan boleh mengucap syukur senantiasa karena Tuhan telah memilih kita untuk menjadi anakNya dan menjadi pelayanNya.

Comments