Efesus 1:3-14 Part 4


Selanjutnya, Paulus menambahkan bahwa sebuah pengenalan akan rencana Allah yang sebelumnya telah dibahas itu semua dalam kedaulatanNya. KedaulatanNya ini tentu mencakup apa dan kapan. Terlebih lagi, semua ini diaturNya dalam Kristus di kekekalan untuk menyatukan semua di Sorga dan di bumi dalam Dia.
Bagian ini memberikan gambaran bahwa tujuan akhir dari rencana Tuhan adalah titik Consummation. Ini menandakan ke-Mahakuasaan dan ke-Mahatahuan dari Tuhan yang merencakan segala sesuatu dari Alpha sampai Omega, sampai Kristus datang kedua kalinya.

Dari ayat 3 sampai ayat 10 ini, kita dapat melihat dijabarkannya rencana Allah dari Alpha sampai Omega yang direncanakan dengan begitu indah dan begitu pasti (tidak kebetulan). Dari sini kita dapat juga melihat kasih Allah dalam pemeliharaanNya dalam periode Alpha sampai Omega tersebut.

Dari sini kita dapat belajar dan mengenal bahwa Tuhan kita bukanlah Allah yang ada karena kebetulan belaka. Semua sudah direncanakan olehNya dengan pasti dan detail sampai ke rencana penyelamatanNya lewat kematian PutraNya yang tunggal. Jika kita mengerti bahwa Tuhan pencipta kita bukanlah pribadi yang kebetulan merencanakan sesuatu, kita dapat memiliki kesadaran bahwa setiap tindakan kita adalah tindakan yang sudah diketahui oleh Allah. Mengetahui hal iniharusnya membuat kita lebih gentar menjalankan hidup ini, penuh dengan hormat dan tidak menyia-nyiakannya. Namun sering, kita sebagai manusia tidaklah mengerti hal ini. Kita menyia-nyiakan hidup ini, yang cuma satu kali ini untuk mengejar kesenangan pribadi.

Mari kita semua sadar bahwa Tuhan tidak bermain dengan kesempatan dan mengaji bagaimana kita telah menjalani hidup kita selama ini. Apakah kita sudah sejalan dengan kehendak Allah yang suci tersebut?

Comments