Efesus 1:3-14 Part 6


Paulus mengakhiri perikop ini dengan menyebutkan Allah oknum ketiga yaitu Roh Kudus. Disebutkan jika Allah Bapa adalah pemberi bagian kita dan Allah Anak adalah yang menjadi perantara yang memungkinkan kita untuk mendapatkan bagian kita tersebut, Allah oknum ketiga Roh Kudus adalah oknum yang menjamin bahwa kita pasti mendapatkannya ketika mencapai titik konsumasi.

Paulus menyatakan bahwa bagi siapa yang percaya kepada Firman tentang Allah Anak yang telah mati menebus dosa kita, akan dimeteraikan dengan Roh Kudus. Roh Kudus ini akan menjaga kita agar hidup kita tetap lurus sampai titik konsumasi datang. Peran Roh Kudus ini dapat berupa berbagai macam hal mulai dari hati yang tidak nyaman karena teguran dari orang, sampai hati yang hancur mendengar Firman Tuhan.

Tuhan sudah menyediakan Allah oknum ketiga untuk menjaga kita, kendalanya adalah sering kali, segala bentuk teguran dari Roh Kudus tetap kita abaikan. Kenapa? Karena begitu bebalnya kita dan juga karena kita masih mencintai dunia ini. Injil Matius mengatakan kita tidak dapat memiliki dua tuan yang berarti hati kita tidak boleh bercabang! Jika kita masih menyukai dunia ini, lupakan saja ingin menjadi sesuai dengan tujuan penciptaan kita, karena itu mustahil. Hanya dengan hati yang tidak mendua yang hanya tertuju kepada Tuhan sajalah, kita mungkin menerima berkat anugrah yang disebutkan dalam seluruh perikop ini.

Kiranya kita sebagai umatNya sadar akan hal ini dan boleh berubah semakin mencintai Tuhan dan FirmanNya dengan sepenuh hati, agar tujuan penciptaan kita boleh digenapi dalam Kristus Yesus.

Comments