Efesus 2:1-10 part 3


Ketika pada awal perikop ini, Paulus membahas mengenai bagaimana keadaan kita sebelum mengenal Kristus. Kemudian dilanjutkan dengan apa yang terjadi ketika kita mengenal Kristus. Perikop ini kemudian dilanjutkan dengan janji apa yang akan terjadi selanjutnya. Paulus mengatakan bahwa melalui Kristus kita boleh menerima dan merasakan kemuliaanNya di titik konsumasi nanti.

Perikop ini menggenapi rencana Tuhan dalam 3 rangka waktu: past, present dan future. Ini kembali merelasikan bahwa Dia mulai dari pemilihanNya sampai kekekalan nanti sudah merencanakan hidup kita dan menjamin hidup kita. Hal ini kembali menunjukkan juga bahwa Dia adalah Allah yang berencana. Tidak saja Dia membukakan jalan di waktu sekarang, namun Dia juga memberikan jaminan akan penerimaan kelimpahan kemulianNya nanti di titik konsumasi.

Kita kembali diingatkan bahwa kita bukanlah orang yang hilang dalam kegelapan lagi. Kita adalah orang yang sudah diselamatkan dan disiapkan sebuah jalan menuju kemuliaan. Untuk itu, mari kita siapkan hidup ini untuk boleh menikmati kemuliaan tersebut dengan mulai dengan mengenal Tuhan sedikit demi sedikit melewati pembacaan Firman setiap harinya. Dengan mengenal Tuhan kita boleh mencicipi kemuliaanNya sedikit sebelum titik kesempurnaan di konsumasi.

Kiranya kita hidup mencari Tuhan dan mengejar pengenalan intim denganNya lebih dari mengejar emas dan perak agar boleh hidup ini menjadi sesuai dengan kehendakNya.

Comments