Efesus 2:11-22 part 4


Bagian terakir dari perikop ini menjelaskan mengenai umat Tuhan yang bersatu dalam gereja. Setelah diselamatkan kita tidak lagi menjadi orang asing melainkan tergabung dalam komunitas orang percaya yang merupakan anggota Bait Allah. Dimana Bait itu dibangun dengan dasar para nabi dan rasul serta Kristus sebagai batu penjuru yang menopang segalanya. Di dalam bangunan inilah semua akan bersatu dan bertumbuh menjadi sebuah bangunan Bait Allah yang Suci. Dimana bangunan ini dibentuk dalam sebuah KOMUNITAS orang percaya.

Perikop ini memberikan sebuah pengertian akan pentingnya bertumbuh dalam sebuah komunitas. Tuhan memanggil kita bukan hanya sebagai individu, melainkan sebagai komunitas. Kita ini bagaikan batu bata yang berserakan, disatukan oleh Kristus untuk membangun BaitNya, dimana di dalam bait ini tinggal Allah.

Kita memiliki peran yang berbeda-beda sebagai materi unutk memangun Bait Alah ini. Setiap batu memiliki perannya masing-masing. Namun perlu dicatat bahwa walau peran masing-masing batu berbeda, kita tetap berada dalam kerangka Bait Allah, yang berarti kita masih memiliki tujuan yang sama memuliakan Allah. Jika kita sebagai anggota gereja malah justru berselisih satu sama lain, maka sudah pasti ada sebuah kesalahan di sana.

Tuhan mengajarkan pada kita agar kita saling bahu-membahu untuk membangun BaitNya. Namun sering sekali justru malah gereja berselisih satu sama lain untuk mendapatkan nama dan ketenaran yang ujung-ujungnya berhubungan dengan uang. Gereja zaman sekarang sudah banyak mengalami penggeseran makna. Gereja yang tadinya adalah kumpulan umat Allah yang ditujukan untuk bersekutu dan mengabarkan Injil Allah, justru sekarang bersaing untuk mendapatkan pedengar yang banyak dan uang yang banyak.

Kiranya kita sebagai umat Allah, boleh mengatur hidup kita bersaudara dengan sesame orang percaya dan boelh menjalankan kehendakNya bersama-sama sebagai sebuah komunitas. Zaman ini tidak mungkin diubah oleh seseorang berdosa seperti kita. Hanay melalui arus komunitas yang hidup benar dunia ini boleh diubahkan.

Comments