Efesus 2:11-22 part FINAL


Pada perikop ini Paulus menceritakan kembali sebuah perjalanan orang percaya yang dimulai dari bagaimana dulu kita adalah kaum kafir yang terpisah dari perjanjian dengan Tuhan, kemudian kita diselamatkan dalam Kristus yang merupakan satu-satunya jalan menuju rekonsiliasi dengan Bapa yang membawa kita bergabung bersama umat pilihan dalam gereja.

Dari perikop ini kita boleh melihat sebuah jalan cerita keselamatan, yang telah membawa kita semua orang percaya keluar dari keputusasaan dalam kegelapan, masuk dalam umat Tuhan yang terang. Perubahan ini tidak bisa hanya terjadi secara status saja, namun juga secara praktek kita harus berbeda dengan dunia. Kita harus berpikir dan berlaku berbeda dengan dunia sebagai cermin pribadi Tuhan kita. Sehingga orang lain boleh melihat Kristus dengan melihat kita di dunia ini.

Sebagai umat Tuhan, kita tidak sendirian. Tuhan memanggil umatNya dalam suatu komunitas orang percaya yang bernama gereja. Dalam komunitas gereja tersebut, kita harusnya saling membangun satu sama lain untuk membangun kerajaan Allah di dunia ini. Namun sering kali kita justru tidak bersama-sama membangun Bait Allah ini melainkan membangun bangunan kita sendiri masing-masing dengan mengatasnamakan Allah dan saling berusaha menghancurkan bangunan satu sama lain.

Kiranya kita boleh mengingat kisah keselamatan ini terus hingga kita bertemu Tuhan. Agar kita boleh mengingat juga untuk apa kita dipanggil dalam sebuah komunitas gereja di dalam dunia ini. Hanya dengan demikianlah Bapa dipermuliakan, jika kita menjalankan kehendakNya.

Comments