Efesus 3:1-13 part 1


Perikop ini berbicara mengenai sebuah misteri baru yang disingkapkan Paulus kepada jemaat di Efesus. Paulus mengawali perikop ini dengan menyatakan mengapa ia yang sedang dipenjara begitu berjuang untuk menulis dan mengabarkan surat itu ke gereja-gereja. Paulus mengatakan alasannya adalah karena ada Tuahn yang MahaKuasa mengutusnya untuk mengabarkan injil ke kaum kafir. Apakah misteri yang dimaksud oleh Paulus tersebut? Misteri tersebut adalah bahwa sekarang, bukan hanya umat Israel melainkan bangsa kafirpun akan merenima berkat Allah jika mereka.

Mengapa hal ini disebut misteri? Karena selama berabad-abad, sejak zaman Abraham dipanggil Allah untuk menjadi Bapa dari umatNya, bangsa Israel memegang prinsip bahwa hanya merekalah, keturunan Abraham yang memiliki tradisi disunat, yang merupakan umat pilihan Allah yang tergabung dalam perjanjian Allah dengan Abraham. Jadi selama berabad-abad, umat Israel sangatlah membedakan bangsa mereka dan bangsa lainnya. Di dalam mindset mereka, bangsa lain akan kalah, akan hilang dan merekalah yang akan muncul sebagai pemenang. Namun Paulus mengatakan bahwa melalui wahyu yang diberikan Tuhan ketika ia bertemu Tuhan dalam cahaya terang dalam perjalanan ke Damaskus, menyatakan bahwa setelah perjanjian baru, semua orang yang ada di dunia ini dan terpilih oleh Tuhan, masuk dalam kategori umat perjanjian.

Signifikansi bagian perikop ini terhadap hidup kita adalah bahwa hidup kita sebagai orang percaya sudahlah terpilih melalui kedaulatanNya. Ini menandakan bahwa kita pasti diselamatkan. Namun kita juga harus melihat bahwa tidak hanya masalah diselamatkan saja, namun juga bagaimana kita harus melihat untuk apa Tuhan kita mengidupkan kita di dunia ini. Kembali mengacu pada perikop-perikop sebelumnya, mari kita hidup di dunia ini dengan sebuah tujuan, yaitu menyatakan kemuliaan Tuhan di dunia ini.

Comments