Efesus 3:1-13 Part 4


Pada bagian selanjutnya dalam perikop ini, Paulus kembali memunculkan gereja dan perannya dalam dunia ini. Paulus mengatakan bahwa dirinya mengabarkan Injil juga agar setelah mengetahui misteri bahwa semua orang percaya akan diselamatkan tidak peduli dari bangsa mana mereka berasal, gereja bisa menjadi medium untuk menyatakan kepada mahluk-mahluk di Sorga bahwa kebijakan Tuhan yang ada dalam berbagai bentuk dan diwujudkan melalui gerejaNya.

Hal ini agak sulit dimengerti, mengapa gereja bisa menjadi sebuah medium untuk menyatakan kebijakan Tuhan penciptanya sendiri. Namun dapat kita sedikit bayangkan, bahwa gereja merupakan komunitas orang percaya yang dipilihNya sejak dunia belum dijadikan. Melalui gereja, Tuhan melakukan hal-hal besar untuk disalurkanNya kepada dunia ini. Sepanjang sejarah manusia, tidak pernah garis pewarisan gereja sejati putus. Tuhan sendiri yang menjaga umatNya ini sepanjang zaman. Tak heran bahwa melalui sebuah karya Tuhan yang disebut gereja, bahkan mahluk-mahluk di Sorga pun dapat terheran-heran melihat bagaimana Tuhan bekerja melalui kita umatNya.

Dari sini kita dapat belajar suatu hal sederhana bahwa kita BERHARGA. Kita umat Tuhan dalam dunia ini, adalah satu-satunya medium Tuhan menyalurkan Injil dan berkatNya kepada manusia di bumi. Bahkan malaikatpun hanya bisa menjadi sebatas mengantar pesan bagi dunia ini. Lain dengan gereja, Tuhan memberikan sebuah hak khusus untuk boleh menyalurkan kehendakNya di dunia ini. Bagaimana dengan kehidupan berjemaat kita? Apakah kita sudah membentuk suatu komunitas yang solid, dimana dari komunitas tersebut boleh kehendak Tuhan dinyatakan di dunia ini? Kita harus mengaji ulang bagaimana kita hidup dalam gereja. Tuhan menghendaki untuk hidup bersekutu dengan orang yangs seiman. Oleh sebab itu, bolehlah kita satu dengan yang lain ramah, perduli dan saling mengasihi.

Kiranya kasih dari Allah yang telah lebih dahulu kita terima, boleh kita salurkan ke orang banyak melalui komunitas gereja tempat kita berada. Agar hanya nama TUHAN yang dipermuliakan di dunia ini.

Comments