Efesus 3:14-21 part final


Perikop ini ditulis oleh Paulus untuk menyatakan doanya kepada jemaat di Efesus. Pasti ada tujuan mengapa Paulus menuliskan doanya dalam suratnya ke jemaat di Efesus. Paulus menginginkan agar jemaat di Efesus mengerti dengan benar apa yang seharusnya mereka kejar. Paulus dalam doanya di perikop ini mendorong agar jemaat di Efesus boleh meminta kasih dan pengenalan akan Tuhan melalui Kristus yang telah mati menanggung dosa kita.

Hal ini menjadi sangat penting dalam kehidupan orang Kristen. Karena hal ini menyangkut tujuan utama yang harus dikejar oleh manusia. Isi dari doa kita melambangkan apa yang terpenting dalam hidup kita. Kebanyakan doa kita pastilah berisi dari permintaan-permintaan kita dan kebanyakan dari permintaan-permintaan ini adalah permintaan yang tidak perlu kita khawatirkan. Paulus dalam doanya ini menjelaskan dengan jelas apa yang seharusnya kita doakan. Doakanlah agar kita boleh lebih mengasihi dan mengenal Tuhan kita! Hal ini adalah hal yang lebih penting dari segala macam hal lainnya dan inilah yang harus kita kejar!

Apa yang lebih membahagiakan jika ciptaan dapat mengenal penciptanya? Hal ini harusnya menjadi tujuan utama hidup kita. Bukan masalah harta, ujian atau apapun mengenai dunia ini yang kita terus doakan dan kita justru lupa mendoakan ini. Tanpa mengasihi dan mengenal Tuhan, kita tidak akan pernah mengerti apa yang Dia kehendaki dalam hidup kita. Tanpa tahu apa yang Dia kehendaki, pasti kita tidak akan dapat memenuhinya.

Oleh sebab itu, kiranya kita boleh mengaji lagi cara kita berdoa dan apa yang kita minta dalam doa tersebut. Agar kita boleh berdoa dengan benar dan boleh memenuhi kehendak Allah di bumi ini.

Comments