Efesus 4:1-14 part 1


Pada ayat keempat dan seterusnya surat Paulus lebih mengarah ke penerapan dari apa yang sebelumnya telah disampaikannya di tiga ayat awal. Paulus mengawali ayat ini dengan menyatakan dirinya sebagai tawanan bagi Tuhan, meminta agar jemaat di Efesus menjalani hidup mereka sesuai dengan panggilan mereka, yaitu untuk berbuah dan memuliakan Tuhan. Hal ini sangatlah penting sampai Paulus menempatkan ini menjadi hal yang pertama kali dia ucapkan.

Paulus menyebutkan hal ini sebagai hal pertama adalah karena ini adalah hal yang paling dasar diantara hal-hal lainnya. Menghidupi panggilan kita dalam Tuhan adalah bagaikan menentukan arah utama dalam hidup kita. Jika ini sudah melenceng, maka hidup kita sudah pasti akan berjalan ke jalan yang salah. Ada hal penting yang harus diingat bahwa memenuhi panggilan ini juga erat dengan mengenal siapa Tuhan kita dengan benar. Karena tanpa mengenal Allah yang benar, bahkan kita tidak akan tahu kemana kita akan melangkah. Hanya dengan arah jarum jam yang tepat ma kita bisa menuju tujuan kita yang tepat.

Kita kembali harus ingat bahwa zaman kita ini mengajarkan bahwa tidak ada kebenaran absolut di dunia ini. Benar atau salah semuanay relatif akan siapa yang melihatnya. Namun kita tahu bahwa kebenaran absolut itu ada. Standard kebenaran hanyalah pada Tuhan pencipta kita yang ia nyatakan dalam FirmanNya dalam Alkitab. Jika ada allah lain selain daripada yang ada di Alkitab, maka itu sudah bukan merupakan kebenaran absolut.

Kiranya kita terus mengejar pengenalan akan Dia sehingga hidup kita boleh berjalan sesuai dengan kehendakNya dan boleh berbuah banyak di dunia ini.

Comments