Efesus 4:1-16 part 2

Bagian selanjutnya dari perikop ini menyatakan sebuah tema utama dari perikop ini, yaitu panggilan untuk bersatu di gereja dalam Kristus Yesus. Aspek yang pertama dalam kesatuan ini diutarakannya dalam ayat kedua. Paulus menyatakan agar kita bersatu dengan umat percaya di dalam kasih. Hal ini menjadi dasar yang penting dalam keKristenan.

KeKristenan merupakan suatu faksi yang sering kali dikenal dengan kasih antar unatnya. Orang luar memandang orang Kristen sebagai orang yang mengasihi satu sama lainnya sebagai ciri. Memang benar hal ini harus menjadi ciri khas orang Kristen pada umumnya, namun sering kali kasih ini disalah mengertikan oleh banyak orang. Kasih yang dibicarakan disini adalah kasih yang Agape, atau kasih seperti kasih Tuhan kepada manusia. Definisi yang paling mudah diraba tentu ada di surat Korintus. Namun itu hanyalah sebagian dari kasih, Karen Tuhan sendiri adalah kasih.

Kasih sering kali identic dengan ramah, baik dan santun. Namun itu jelas bukan kasih yang Allah terapkan pada umatnya. Allah menyertai bangsa Israel, umat pilihannya senantiasa ketika mereka melakukan apa yang benar di mataNya. Namun ketika umat Israrel melakukan dosa Tuhan menghardik mereka dan bahkan sampai mendatangkan bencana bagi orang Israel sendiri. Hal ini menyatakan pada kita bahwa dalam kasih terdapat unsur kesucian yang taka da komprominya.

Kiranya kita boleh mengerti arti sejati dari kasih yang Tuhan maksud. Agar boleh kita mengikat satu dengan yang umat percaya lainnya dengan kekuatan ikatan kasih sejati yang kuat dan boleh kuat untuk menghadapi perang dengan si jahat.

Comments