Efesus 4:1-16 part 3


Pada bagian selanjutnya dari perikop ini, Paulus menyebutkan elemen selanjutnya dari bersatu, yaitu hasrat untuk terus ingin menjaga persatuan perdamaian dalam Roh. Perdamaian di sini menyimbolkan perdamaian hubungan manusia dan Allah Bapa. Hubungan ini dapat diperbaiki dengan iman kita terhadap karya keselamatan Kristus. Oleh sebab itu kita manusia tidka dapat membuat hubungan ini, namun tugas kita adalah menjaga hubungan ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kita dapat menjaga hubungan ini? Hubungan kita dengan Allah Bapa adalah hubungan yang tercipta karena covenant. Jadi jalan satu-satunya untuk manusia dapat menjaga hubungan ini adalah dengan menjadi seorang covenant keeper, bukan covenant breaker. Covenant yang dimaksud adalah bagaimana Allah menjadikan kita umatNya dan Dia sebagai Tuhan kita. Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa hidup yang diberikan Tuhan ini haruslah kita gunakan untuk menTuhankan Dia. Kita harus mempersembahkan hidup kita ini sebagai persembahan yang hidup, yang harum di hadapan Allah (Roma 12:1).

Dari perikop-perikop sebelumnya, kita dapat menarik sebuah benang merah yang merupakan kunci dari menjaga hubungan kita dengan Allah. Paulus menceritakan dari awal surat Efesus ini bagaimana Tuhan dalam kekekalan membuat rancanganNya yang kemudian membuat kita orang-orang berdosa boleh berbalik dari hidup yang gelap menjadi terang dalam Kristus. Semua itu adalah hal yang Tuhan anugerahkan kepada kita sebagai orang yang terpilih. Peran kita adalah setelah kita dibenarkan dalam Kristus kita harus masuk tahap sanctification. Di sinilah manusia dalam kedaulatan Tuhan boleh berusaha terus mengenal Dia, terus mencari Dia dan terus menyebarkan karya keselamatanNya. Hanya dengan inilah, kita boleh menjadi orang yang menjaga hubungan kita dengan Allah Bapa terus baik.

Kiranya kita boleh menjaga kesucian hidup kita dan terus mencari Allah melalui FirmanNya yang sejati, sehingga hidup kita bolehlah menjadi hidup yang berarti dan harum di hadapan Tuhan.

Comments