Efesus 4:1-16 part 4

Pada kelanjutan dari perikop ini. Paulus menjelaskan pengikat apa yang harusnya kita miliki dalam suatu kesatuan orang Kristen. Paulus mengatakan bahwa orang Kristen diikat harus dengan satu Tuhan yaitu Allah Tritunggal, satu iman kepada Kristus dan satu baptisan. Ketiga hal ini merupakan hal yang mendasari iman Kristiani.

Pertama adalah satu Tuhan. Poin pertama ini sudah sedikit dibahas di perikop sebelumnya. Poin ini signifikan karena meleset dari percaya kepada Tuhan yang sejati, sia-sialah iman dan baptisan kita. Hal ini begitu penting hingga umat Israel selalu menyebut Tuhan sebagai Allah Abraham, Ishak dan Yakub. Hal ini menengaskan siapa Tuhan yang dimaksud. Bagi orang Kristen, Tuhan yang dimaksud disini adalah tentu adalah Allah Tritunggal dalam Alkitab. Selain daripada Dia, semuanya adalah sia-sia.

Kedua adalah iman. Iman ini tentu sangat tergantung pada poin pertama. Yesus menyatakan bahwa diriNyalah satu-satunya jalan yang harus diimani. Jika kita percaya kepadaNya, maka kita akan selamat, di luar itu kita akan binasa.

Yang ketiga ialah baptisan. Baptisan merupakan tanda yang mengesahkan bahwa kita adalah umat Allah dan Dia adalah Tuhan kita. Kembali aspek ini terkait juga dengan aspek pertama dan kedua. Tanpa Tuhan dan iman yang benar, mustahil untuk sebuah baptisan benar. Kiranya kita jeli melihat ketiga ciri-ciri yang diberikan oleh Paulus ini, agar kita boleh mengidentifikasi mana kekurangan kita dan apa yang bisa kita layani dari orang lain.

Comments