Efesus 4:1-16 part 8


Pada bagian terakhir dari perikop ini, Paulus menyatakan bagaimana seharusnya menjadi seorang dewasa dalam iman. Paulus menggambarkan kedewasaan ini dengan bertumbuh dalam segala aspek untuk semakin menyamai kepala gereja yaitu Yesus Kristus. Kemudian, hal ini dikaitkan Paulus dengan gereja sebagai suatu kesatuan komunitas. Paulus mengatakan bahwa kedewasaan atau kematangan ini dapat dilihat dari bagaimana gereja sebagai tubuh Kristus boleh erat terikat dan setiap bagian tubuh berfungsi dengan benar sehingga dapat tumbuh dalam kasih.

Bagian ini adalah bagian yang paling penting dari perikop ini karena bagian ini sangatlah practical dan menunjukkan dengan jelas apa yang harus dilakukan orang percaya. Orang percaya haruslah bertumbuh mengenal Tuhan kita lebih dari hari ke hari. Pertumbuhan ini juga bukan hanyalah persoalan bertumbuh secara pribadi, namun juga bertumbuh bersama dalam sebuah komunitas tubuh Kristus. Oleh sebab itu jika ada teman kita yang sedang mengalami kesulitan bertumbuh, kita harus saling bahu-membahu membantu satu sama lain untuk terus bertumbuh. Karena kita adalah bagian dalam satu tubuh Kristus.

Pertanyaan selanjutnya bagaimana mengenal Tuhan kita lebih lagi? Jawabannya hanya satu, mengenalNya melalui FirmanNya. Tuhan sudah menghentikan pengilhaman secara langsung ketika kanonisasi Alkitab. Tapi, Dia memberikan FirmanNya dalam Alkitab yang sudah disusun itu. Seperti kita mengenal orang tua kita yang membesarkan kita, kita mengenal Allah juga melalui larangan, dorongan, sifat, kebiasan dll. Semakin kita membaca Alkitab, menggalinya lebih dalam, kita akan semakin mengenal, siapa Allah kita.

Kiranya kita diberikan karunia untuk boleh terus mengenal Allah yang tidak terbatas. Agar boleh hidup kita berkenan di hadapan Tuhan pencipta kita.

Comments