Efesus 4:1-16 part FINAL


Pada akhirnya, seluruh perikop ini membawa sebuah benang merah yang membicarakan sebuah topic. Topik yang diangkat yang sesuai dengan judul perikop ini adalah kesatuan dalam tubuh Kristus. Paulus mengaitkan topic ini dengan apa yang menjadi dasar dari kesatuan gereja. Dasar dari kesatuan ini adalah satu Tuhan, satu iman dan satu baptisan. Ketiga hal ini dimungkinan oleh karya keselamatan Kristus, terutama ketika Dia bangkit dari antara orang mati dan membekuk kuasa iblis. Juga setelah itupun Dia masih menjaga kita sambil terus menunggu kita bertumbuh mengenalNya hari demi hari dan bersatu dalam komunitas orang percaya menjadi gereja Allah yang merupakan tubuh Kristus sendiri.

Dari perikop ini kita bias belajar bahwa hidup kita dalam dunia ini tidak bias sendirian. Tuhan memanggil umatnya secara kommunal, bukan individual. Sendirian kita tidak dapat bertahan melawan arus dunia ini. Namun jika kita bersatu dengan orang lain dengan dasar Kristus dan karya keselamatanNya, maka kita bisa memenuhi panggilan hidup kita untuk menjadi tubuh Kristus.

Oleh sebab itu, kita sebagai anggota dari gereja yang merupakan tubuh dari Kristus haruslah saling membantu satu sama lain agar kekuatan kita sebagai suatu kesatuan tubuh Kristus boelh terjaga. Namun perlu diingat bahwa dasar dari semua kesatuan adalah Allah itu sendiri. Jadi ketika ada hal yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan, jangan kita biarkan mengalir saja. Sebaliknya kita harus menegur orang yang salah tersebut dan mendoakannya agar kembali ke jalan yang benar.

Kiranya Tuhan mengaruniakan pada kita berkat untuk terus bersatu dalam Kristus. Agar tubuh Kristus di dunia ini boleh berdiri teguh dan menjalankan apa yang mejadi kehendakNya dalam hidup kita.

Comments