Efesus 4:17-32 part 1


Perikop ini dimulai dengan pernyataan Paulus yang cukup keras. Paulus menyatakan bahwa ia mengatakan perkataannya atas nama Tuhan bahwa sebagai orang yang sudah lahir baru, kita tidak boleh berjalan seperti para orang yang tidak mengenal Tuhan. Karena orang seperti itu berada dalam kegelapan dan jauh dari kasih kehidupan Tuhan. Mengapa bisa terjadi demikian? Paulus menyatakan bahwa karena mereka mengeraskan hati dan tidak mau menerima Kristus.

Hal ini disampaikan Paulus dengan implikasi bahwa kita sebagai orang percaya haruslah memiliki kehidupan yang berbeda dari orang-orang yang belum mengenal Kristus. Banyak orang di zaman ini mengaku sebagai orang Kristen, namun dari hidupnya, tidak tampak perbedaan antara orang tersebut dengan orang duniawi. Bagaimana dengan kita? Bagaimana dengan hidup kita? Apa itu hidup berbeda dengan dunia?

Pada surat lain dari Paulus kepada jemaat di Galatia, Paulus menyatakan 9 rasa dari buah Roh yang menjadi ciri khas dari orang Kristen sejati yang tidak dapat dikopi bahkan oleh iblis sekalipun. Tuhan menuntut kita orang percaya untuk hidup menghasilkan buah. Buah yang dimaksud adalah buah ke luar sebagai buah injil dan buah yang di dalam sebagai buah Roh. Untuk hidup berbeda dengan dunia yang dikuasai oleh iblis, kita haruslah memiliki kualitas 9 rasa buah roh ini. Dengan demikian kita boleh menjadi berbeda dengan dunia ini seperti kehendak Allah.

Namun tentu perjalanan memunculkan 9 rasa buah Roh ini tidaklah mudah. Perlu pencobaan dari Tuhan dan rintangan agar iman kita bertumbuh dan semakin dewasa. Dari sanalah kita akan disucikan oleh Tuhan agar semakin menyerupai Kristus sebagai teladan hidup kita.

Kiranya kita boleh terus bertumbuh semakin serupa dengan Kristus dari hari ke hari. Agar kita semakin terpisah dari dunia ini dan orang boleh melihat hidup kita sebagai hidup yang berbeda dari dunia ini.

Comments