Efesus 4:17-32 part 5


Paulus kembali melanjutnya sebuah ciri-ciri lain dari hidup yang baru. Paulus kali ini mengatakan bahwa kiranya pencuri tidak lagi mencuri namun bekerja dengan jujur dengan tangannya sendiri agar ia memiliki hal untuk dibagikan kepada orang lain. Paulus menggunakan analogi ini untuk menggambarkan hidup yang berubah dari seorang yang sudah memiliki hidup yang baru.

Paulus mengontraskan hidup seorang pencuri yang tadinya mengambil milik orang lain, menjadi memberi kepada yang membutuhkan. Hal ini menggambarkan bagaimana seseorang yang memiliki hidup yang sudah diperbaharui Kristus harus memiliki hidup yang berbeda 180 derajat dari hidupnya yang lama. Jika kita melihat titik balik dari seluruh tokoh-tokoh Alkitab, momen dimana mereka bertemu dengan Tuhan dan diperbaharui membuat hidup mereka berputar 180 derajat dan tidak lagi sama seperti dulu.

Mungkin kita berpikir bahwa tidka mungkin ada perubahan secara instan dalam sifat manusia. Namun walaupun memang sulit mengubah sifat manusia, arah hati yang dulu sudah tidak lagi menuju ke arah kebinasaan. Hati kita harus tertuju kepada Kristus yang dipermuliakan. Setelah arah hati kita menuju jalan yang benar, maka tindakan kita akan mengikuti perubahan arah hati kita. Hal inilah yang disebut tahap penyucian hidup kita agar serupa seperti Kristus.

Kiranya kita dapat hidup dengan arah yang baru dengan teguh dan tidak digoncangkan oleh godaan iblis. Agar hidup ini dapat semakins erupa dengan Kristus dan memuliakan namaNya saja.

Comments