Efesus 5:1-21 part 10

Pada bagian terakhir dalam tema berjalan dalam kebijaksanaan, Paulus menyingung mengenai bagaimana kita memuji Tuhan dan berterima kasih kepada Tuhan. Bagian ini dikenal dengan bagian doxology, dimana kita mengembalikan seluruh kemuliaan hanya bagi Allah Tritunggal saja.

Pada bagian memuji Tuhan, Paulus merujuk kepada jenis-jenis pujian yang dilakukan orang sejak zaman perjanjian lama: mazmur, himne dll. Hal ini menyatakan kelayakan sebuah pujian yang dinaikan bagi Tuhan kita. Gereja-gereja pada zaman ini sudah tidak lagi memperdulikan musik yang tepat untuk memuji Tuhan. Mereka lebih mementingkan musik mana yang berkenan di hati manusia dan mengundang lebih banyak orang untuk datang. Banyak yang berargumen bahwa musik-musik sekuler justru membawa mereka lebih merasakan hadirat Tuhan, namun mereka lupa bahwa yang kita sedang sembah itu adalah Tuhan! Raja dari segala raja! Sedangkan jika kita hendak mempersembahkan sesuatu bagi raja atau ratu di Inggris misalkan, kita tidak akan membawakan lagu-laggu sekuler tersebut, apalagi terhadap Tuhan.

Aspek kedua adalah mengucap syukur, Paulus mengatakan bahwa kita harus mengucapkan syukur kepada Allah Bapa dalam segala hal dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Di sini Paulus memperjelas pribadi siapa kita harus berterima kasih. Kita harus berterima kasih dan bersyukur kepada Allah Bapa karena Dialah yang mencipta dan berdaulat atas seluruh ciptaanNya. Namun kita harus berdoa dalam nama Kristus karena tanpa Dia yang menjadi perantara dan pendamai antara kita dan Allah Bapa, kita tidak akan mungkin dapat mengenal dan mendekatkan diri ke Allah.

Mari kiranya kita sekalian lebi bijak dalam hal kedua hal ini. Kiranya kita bisa memilih hal yang benar dan melakukannya agar nama Allah dapat dipuji dan disyukuri dengan benar.

Comments