Efesus 5:1-21 part 6


Setelah beberapa hari tidak dapat mengupdate post, akhirnya Tuhan memberikan kesempatan kembali untuk boleh berbagi dengan para pembaca blog ini. Puji Tuhan untuk kesempatan yang Ia berikan!

Paulus menyatakan pada kelanjutan surat ini bahwa kiranya kita tidak menjadi rekan dari para iblis atau disobedience tersebut. Karena dulu memang kita hidup dalam kegelapan, namun kita sudah ditemukan oleh Kristus yang membawa terang dalam hidup kita. Oleh sebab itu kiranya kita berjalan dalam terang dan hanya memikirkan apa yang berkenan bagi Allah.

Ini harus menjadi hal yang kita ingat terus oleh kita umat Tuhan. Sering kali kita dalam hidup ini tergoda untuk memilih jalan yang disediakan oleh si jahat. Alasannya tentu ada: lebih mudah, lebih nikmat, lebih menjanjikan dan masi banyak lainnya. Padahal di hati kita terdalam kita tahu bahwa itu salah. Namun kita merasa bahwa kita tidak bisa melawan godaan tersebut. Terlebih lagi jika kita terlalu berfokus pada kejatuhan manusia dalam dosa. Kita akan merasa bahwa memang kita sudah pasti kalah terhadap godaan iblis karena manusia telah jatuh dalam dosa.

Namun Paulus mengingatkan kita sekali lagi, bahwa kita sudah dimenangkan dalam Kristus. Kepada kita, telah diberikan kuasa oleh Kristus untuk mengalahkan iblis! Dengan kematianNya di atas kayu salib, kuasa iblis telah dikalahkan. Jika kita percaya kepada Dia sebagai Juru selamat kita, maka kita dapat mengalahkan godaan-godaan tersebut.

Pertanyaan yang harus ditanyakan bukanlah bisa atau tidak bisanya kita mengalahkan godaan iblis tersebut. Karena kita sebagai umat alah pasti bisa menang. Pertanyaan yang harusnay ditanyakan adalah, apakah kita mau? Apakah kita mau meninggalkan godaan tersebut? Ataukah sebenarnya kita masih menyukainya?
Oleh sebab itu Paulus mengatakan kepada jemaat di Efesus agar memikirkan apa yang berkenan bagi Allah. Jika kita hanya berfokus pada apa yang disukai Allah, maka kita tidak akan sempat untuk memikirkan hal-hal yang tidak perlu, apalagi memikirkan hal-hal berdosa. Hanay dengan demikian kita dapat meluruskan jalan hidup kita.

Kemampuan untuk berjalan lurus sudah diberikan kepada kita umat yang percaya. Kiranya kita boleh taat dan hanya mencari kemuliaan Allah dalam hidup ini. Sehingga hidup ini bolehlah lepas dari belenggu dosa dan memuliakan Allah.

Comments