New Year 2013


Selamat tahun baru 2013 semua! Pada awal tahun ini, mari kita gunakan waktu ini untuk berpikir sejenak mengenai apa saja yang terjadi di tahun yang sudah berlalu.

Apa itu tahun baru? Tahun baru sebenarnya merupakan hal yang sama saja seperti hari-hari lain. 24 jam yang sama seperti hari-hari lain. Rutinitas yang sama dengan hari-hari lain. Matahari yang sama terbit dari timur seperti hari-hari lain. Namun mengapa selalu ada perasaan bahwa ini adalah waktu yang spesial? Mengapa ketika tahun baru, kita langsung dapat mengingat ulang apa yang terjadi sepanjang tahun ini dan menjadikan ini sebagai tolok ukur untuk tujuan-tujuan kita?

Manusia adalah satu-satunya ciptaan Allah yang memiliki peta dan teladan Allah. Dari peta dan teladan ini, kita juga merupakan satu-satunya mahluk hidup yang memiliki kepekaan akan waktu yang berlalu dan memiliki memori untuk mempertahankan apa yang sudah berlalu. Oleh karena hal inilah manusia juga satu-satunya mahluk ciptaan yang memiliki kemampuan untuk peka akan tahun baru ini.

Pada momen ini, manusia akan mengingat lagi apa yang mereka lakukan sepanjang satu tahun ini. Melihat apa yang mereka capai dan apa yang mereka lewatkan sepanjang tahun. Namun mari kita liat gambaran besar hidup kita. Hidup kita tentu penuh dengan potongan-potongan hitam yang berdosa dan mendukakan hati Allah. Hal ini adalah benar dan tidak perlu disangkal lagi. Namun kita perlu ingat juga bahwa ada saat dimana kita sebagai anak-anakNya, diberiNya kesempatan untuk boleh melayaniNya dan berkenan di hatiNya.

Sering sekali kita berkutat pada bagian hidup kita yang hitam; menyesalinya terus-menerus. Menyesal akan hal-hal tersebut tidaklah salah dan bahkan dapat dikatakan HARUS disesali. Namun penyesalan yang tidak ada habis-habisnya hanya akan membawa kita kepada kehancuran karena membuat waktu kita untuk hal yang tidak berguna, karena selama kita tidak bisa melewati kekecewaan ini, hidup kita tidak akan pernah maju. Kita akan terjebak dalam sebuah lubang dan tidak dapat keluar dari lubang tersebut sendiri.
Namun Tuhan begitu baik, Dia memberikan kesadaran untuk mengingat lagi seluruh perjalanan hidup kita selama setahun ini. Jika kita melihat dengan teliti dan dalam gambar besarnya, maka kita dapat melihat, betapa Tuhan kita itu begitu mengagumkan. Perhatikanlah bagaimana Dia merajut hidup kita ini. Bagaimana Dia mengombinasikan hitam dan putih untuk membentuk sebuah pola besar yang indah. Namun sering kali kita hanya dapat melihat bagian hitamnya saja dan berhenti samapai disana. Kita tidak cukup sabar untuk melihat pekerjaan Tuhan dalam hidup kita.

Mari kita lihat lagi tahun yang sudah berlalu ini. Bagaimanakah Tuhan membentuk hidup kita, agar kita boleh memuliakan namaNya? Kiranya kita boleh menjadikan momen tahun baru ini untuk mengingat yang lalu dan menetapkan yang akan datang, supaya seluruh hidup ini boleh berguna bagi Tuhan Sang Pencipta. 

Comments