Efesus 5:21 – 6:9 part 4


Hubungan selanjutnya yang dibahas oleh Paulus adalah hubungan antara orang tua dan anak. Paulus mengatakan hendaklah anak menghormati dan menaati orang tua, seperti yang tercantum di hukum Taurat yang diberikan langsung kepada manusia oleh Allah. Hukum Taurat kelima yang membahas mengenai hal ini adalah hukum pertama yang memiliki janji jika dilakukan.  Tuhan menjanjikan hidup yang berkepanjangan jika hukum ini dilaksanakan.

Ketaatan dan kehormatan seorang anak terhadap orang tuanya adalah masalah yang cukpu mengkhawatirkan pada zaman ini. Anak-anak sekarang makin tidak menghormati orang tua mereka. Ada yang cuma menganggap orang tua mereka sebagai penghasil uang saja. Anak-anak juga sekarang dari kecil berusaha memberontak dan menjadi raja di rumah dengan menangis dan ngambek. Semua ini memutarbalikkan ordo penciptaan yang dibuat oleh Allah ketika menciptakan manusia. Dengan kacaunya ordo ini, pasti akan mencegah kita untuk dapat memuliakan Tuhan.

Ketaatan ini harus dididik sejak dini. Sejak masih kecil, anak harus diberi kejelasan akan siapa yang memimpin keluarga mereka. Untuk menanamkan hal ini tidaklah mudah. Jika kita terlalu lembut, maka kita tidak akan dihormati oleh mereka. Sebaliknya jika kita terlalu keras, maka kita akan dibenci mereka. Namun tetaplah hal ini harus ditegaskan kepada anak-anak.

Ketaatan timbul dari hormat. Oleh sebab itu, jika kita berhasil mendapatkan respect dari anak kita, maka anak kita akan taat juga terhadap kita. Salah satu aspek dalam hal ini adalah integritas kita sebagai orang tua. Banyak orang tua yang menyuruh anaknya melakukan sesuatu, atau melarang anaknya melakukan sesuatu, namun sang orang tua sendiri pun melanggarnya. Dalam hal ini anak kita akan melihat bahwa kita bukan orang yang dapat mereka hormati dan untuk mengembalikan ini sangatlah sulit.

Oleh sebab itu, marilah kita mendidik anak kita untuk takut akan Tuhan. Barulah dari sana kita dapat mendidik mereka untuk taat dan hormat kepada kita. Untuk membuat sebuah keluarga dimana Tuhan dapat ditinggikan.

Comments