Efesus 6:10-20 part 1


Pada bagian terakhir sebelum penutup ini, Paulus membahas tugas kita yang utama, setelah kita menyelesaikan seluruh apa yang dibahas Paulus sebelumnya pada surat ini, maka Paulus menyatakan, akhirnya kita akan berperang melawan iblis di dunia ini. Hal ini menjadi awal dari perjuangan kita, untuk mempraktekkan semua yang sebelumnay telah Paulus ajarkan.

Di awal perikop ini, Paulus mengatakan bahwa kita harus teguh di dalam Tuhan dan pada kekuatanNya kita bergantung. Paulus menjadikan kalimat ini sebagai pengantar dari persiapan peperangan kita dengan iblis. Mengapa hal ini begitu penting? Karena tanpa kesadaran bahwa kita adalah manusia yang sudah jatuh dalam dosa yang sudah tidak dapat berdiri sendiri melawan iblis. Satu-satunya kemungkinan kita untuk menang adalah dengan kita berpegang kepada Allah kita yang Mahakuasa.

Hal ini dapat menjelaskan mengapa kita kalah dalam menghadapi godaan iblis selama ini. Kekalahan kita mungkin sekali disebabkan karena kita gagal dalam factor pertama ini. Ketika kita menghadapi masalah, kita bukannya mengandalkan Tuhan dengan sepenuh hati, namun justru mengandalkan kekuatan sendiri untuk menghadapi masalah ini, dan hasil dari menghadapi masalah tanpa Tuhan sudah jelas; kekalahan.

Inilah awal dari mempersiapkan peperangan melawan si jahat. Jika gagal disini, maka percuma untuk maju lebih lanjut lagi. Oleh sebab itu, mari kita semua sadar bahwa peperangan ini tidak mungkin dimenangkan dengan kekuatan kita sendiri. Mari kita berharap dan bergantung hanya kepada Tuhan kita, agar kita boleh menang dan memuliakan NamaNya.

Comments