Efesus 6:10-20 part 2


Pada bagian selanjutnya dari perikop ini, Paulus mengatakan agar kita boleh bertahan dalam peperangan melawan sang iblis, kita harus mengenakan perlengkapan senjata Allah. Karena yang kita lawan bukanlah mahluk berdarah daging, namun melawan penguasa dunia ini.

Jika dikaitkan dengan bagian sebelumnya pada perikop ini, Paulus kembali menekankan perlunya kita bergantung kepada Allah. Perlengkapan yang kita harus kenakan ketika berperang melawan si jahat bukanlah baju zirah yang terbuat dari besi yang berat itu. Senjata yang kita gunakan bukanlah pedang atau pistol. Paulus menyatakan peralatan yang kita gunakan untuk melawan si jahat adalah perlengkapan senjata yang kita dapatkan dari Allah, bukan manusia. Perlengkapan ini merupakan perlengkapan yang hanya dapat kita dapatkan hanya dari Allah saja.

Kenapa harus perlengkapan yang dari Allah? Karena seperti yang dikatakan di bagian sebelumnya, kita manusia tidak dapat menang melawan si jahat dengan kekuatan manusia. Karena lawan kita bukanlah mahluk yang dapat kita pukul dan tending secara fisik. Lawan kita adalah roh yang menyerang hati. Maka hanya dengan kekuatan yang dari Allah, kita dapat mengalahkan iblis.

Kiranya kita boleh taat dan berserah penuh kepada Tuhan dalam peperangan melawan iblis di dunia ini. Tuhanlah yang akan memenangkan kita dengan perlengkapan senjata yang Dia rancang untuk membantu kita melawan iblis.

Comments