Efesus 6:10-20 part 3


Selanjutnya Paulus kembali mengulang pernyataan bahwa kita harus mengenakan perlengkapan senjata Allah. Namun kali ini, Paulus  menekankan bahwa kita harus menggunakan perlengkapan senjata Allah agar bisa bertahan di hari-hari yang jahat ini dan dapat berdiri tegap walau berada di dunia gelap ini.

Jika Paulus sebelumnya memberikan fokus kepada bagaimana kita butuh perlengkapan senjata Allah untuk menyerang dan berperang melawan iblis, kali ini Paulus memberi tekanan bahwa kita juga tidak dapat bertahan di dunia ini tanpa Tuhan. Hidup di dunia tanpa Tuhan namun tidak terseret oleh arus dunia ini adalah hal yang mustahil. Sadar tidak sadar, banyak filsafat dunia yang masuk ke otak kita tanpa kita sadari dan hal yang lebih penting adalah, filsafat-filsafat dunia ini bertentangan dengan Alkitab. Kemudian, hal yang paling parah adalah kita sebagai orang Kristen tidak sadar ada filsafat dunia yang masuk ke otak kita, terlebih lagi membela pemikiran itu dengan keras kepala ketika dihadapkan dengan kebenaran.

Kita yang merupakan manusia berdosa, begitu rapuh dalam pendirian. Tanpa Tuhan yang beranugerah kita tidak akan bisa mengarahkan hati kita kepada Tuhan. Oleh sebab itu Paulus mengatakan agar jemaat di Efesus boleh bertahan dan berdiri teguh dengan mengenakan perlengkapan senjata Allah ini. Dengan perlengkapan ini, kita dapat berdiri tegap dan melihat lurus ke satu buah fokus saja, yaitu ke Tuhan kita.

Kiranya kita boleh bertahan dengan prinsip-prinsip Alkitabiah yang kita pelajari. Bukan dengan kekuatan kita sendiri, namun dengan bantuan dan anugerah Tuhan kepada kita semua.

Comments