Efesus 6:10-20 part 4

Pada bagian selanjutnya dari pembahasan ini, Paulus mendetailkan apa saja perlengkapan senjata Allah yang pada ayat-ayat sebelumnya ia singgung. Hal pertama yang disebutkan oleh Paulus adalah ikat pinggang kebenaran (belt of truth). Kenapa ikat pinggang terlebih dahulu? Jika kita melihat konteks baju perang yang digambarkan Paulus adalah baju perang tentara  romawi jaman dahulu kala, maka kita akan dapat mengerti lebih jelas betapa pentingnya sebuah ikat pinggang ini.

Pada baju tentara romawi yang dapat dilihat di gambar di bawah, ikat pinggang yang dipakai terletak di pinggang sama seperti ikat pinggang zaman sekarang. Namun, pada jaman dahulu, ikat pinggang ini digunakan oleh tentara Romawi untuk membawa bermacam-macam barang. Salah satu yang terpenting adalah sarung pedang. Sarung pedang yang menyimpan pedang yang merupakan salah satu perlengkapan senjata Allah ini, terikat menjadi satu pada ikat pinggang tentara romawi. Selain itu ikat pinggang ini berguna untuk membawa konsumsi dan karung untuk menjarah.

Jika seorang tentara romawi pergi tanpa memakai ikat pinggang ini, maka tentara tersebut pasti akan gugur di peperangan. Karena selain tentara tersebut tidak memiliki pedang, tentara tersebut juga tidak memilki konsumsi. Jikalau bisa berperang pun, maka kekuatan sang tentara tidak akan maksimal.
Sedangkan apa itu kebenaran? Kebenaran adalah segala perkataan Tuhan dan juga Kristus sendiri menyatakan bahwa diriNyalah kebenaran itu. Kebenaran mencakup seluruh cosmic drama yang terjadi pada dunia ini. Mulai dari penciptaan sampai konsumasi, dimana ada Tuhan sang pencipta yang berinterfensi dalam ciptaanNya, itu lah kebenaran.

Sebagamana dijelasakan sebelumnya, Paulus ingin mengatakan bahwa tanpa ikat pinggang kebenaran ini, kita pasti akan kalah berperang melawan iblis. Karena tanpa ikat pinggang ini, maka kita tidak akan punya basis akan senjata kita, dan tidak dapat memegang erat baju zirah kita. Oleh sebab itu, Paulus menyebutkan hal ini menjadi hal pertama yang ia sebutkan dalam penjelasan akan perlengkapan senjata Allah ini.
Kiranya kita boleh menerima kebenaran ini dengan hati kita yang terdalam dan boleh berserah kepada kebenaran ini. Agar boleh hidup kita yang dibenarkan oleh Kristus boleh menjadi salah satu dasar kita dalam berperang melawan iblis.


Gambar diambil dari: http://www.freebiblestudyguides.org/bible-teachings/armor-of-god-belt-of-truth.jpg

Comments