Efesus 6:10-20 part 5


Bagian perlengkapan perang yang Paulus sebutkan selanjutnya adalah baju zirah keadilan. Baju zirah ini berguna untuk tentu saja menangkal serangan lawan di bagian tubuh dengan organ-organ penting seperti jantung, paru-paru dan hati. Namun baju zirah ini bukan digunakan untuk menerima serangan langsung dari depan, tentara romawi memilki perisai untuk itu. Baju zirah ini digunakan untuk menahan serangan yang lolos dari perisai tentara romawi. Desain dari baju zirah ini juga merupakan desain yang baik sehingga dapat dikatakan tidak memiliki sisi lemah.

Apa yang terjadi jika seseorang berperang tanpa menggunakan baju zirah? Orang tersebut sama saja mencari kematian. Karena perang dilakukan dalam jumlah banyak melawan banyak. Sedangkan perisai hanya dapat memblokir serangan dari satu arah. Ketika sedang memblok serangan dari satu arah dengan perisai, maka tubuh kita akan rentan terhadap serangan dari arah yang lain. Jadi tanpa baju zirah, orang akan mudah diserang dengan serangan dunia ini yang memiliki banyak cobaan.

Apa itu keadilan? Keadilan identik dengan hukum. Hukum yang absolut sudah pasti hanyalah hukum yang ditetapkan oleh Tuhan. Keadilan berarti mengacu pada hukum yang ditetapkan Allah ini. Jika kita kaitkan dengan definisi baju zirah di atas, maka dengan menerima keadilan Allah dalam hidup kita, maka kita akan lebih tangguh menghadapi terjangan dunia ini. Apa maksudnya menerima keadilan Allah? Menerima keadilan Allah berarti kita rela diperlakukan sesuai hukum yang ada. Jika kita melanggar hukum tersebut dengan berdosa, maka kita harus rela menerima hukumannya juga. Dengan tidak lari dari masalah, namun mengakui kesalahan dan tunduk pada hukum Tuhan, maka kita lebih bisa bertahan terhadap dunia ini.

Seperti raja Daud yang didatangi nabi Nathan setelah berzinah dengan Betsyeba, Daud tidak melakukan pembelaan sama sekali terhadap kebenaran yang dinyatakan oleh nabi Nathan. Dia langsung mengaku dosa dan siap menerima hukuman sesuai hukum Tuhan.

Oleh sebab itu, baju zirah keadilan kita tidak akan kencang terikat tanpa adanya ikat pinggang kebenaran. Karena keadilan pasti akan dinyatakan dalam kebenaran Firman Tuhan.

Kiranya kita boleh mengenakan baju zirah ini dengan menerima keadilanNya melalui hukum-hukumNya. Mematuhi hukumNya dengan hati yang gembira dan menjauhkan diri dari dosa yang melawan keadilanNya.

Gambar diambil dari: http://www.freebiblestudyguides.org/bible-teachings/armor-of-god-breasplate-of-righteousness.jpg

Comments