Efesus 6:10-20 part 6


Bagian keempat dari perlengkapan perang Allah yang disebutkan oleh Paulus adalah kaki yang berkasutkan kerelaan untuk mengabarkan Injil. Kasut atau alas kaki yang dipakai oleh merupakan sebuah perlengkapan dari seorang tentara yang sering terlupakan oleh orang. Ini adalah perlengkapan yang terlihat sederhana namun signifikan dalam pertempuran.

Jika kita beranggapan bahwa alas kaki tidaklah penting dalam sebuah peperangan, mari kita bayangkan sejenak tentara yang berperang tanpa menggunakan alas kaki. Tentu ada sesuatu yang janggal bukan? Namun signifikansi dari alas kaki ini tidak hanya sampai sebatas penampilan. Jika seorang tentara berperang tanpa menggunakan alas kaki ini, dapat kita bayangkan betapa panasnya tanah yang harus dilalui para prajurit tersebut. Terlebih lagi, bagaimana jika ada kerikil atau batu tajam yang mereka injak?

Tentu hal tersebut tidak akan membuat seorang tentara meninggal, namun konsentrasi dari sang tentara akan buyar sejenak ketika menginjak hal yang tidak diinginkan tersebut. Dengan adanya alas kaki, seorang prajurit bisa melangkah maju dengan gagah tanpa mengkhawatirkan apa yang ia injak. Sehingga tentara tersebut boleh fokus sepenuhnya terhadap pertempuran yang mereka hadapi.

Apa yang dimaksud dengan kerelaan untuk mengabarkan Injil perdamaian? Injil perdamaian yang dimaksud disini adalah Injil tentang karya keselamatan Kristus kepada manusia berdosa. Hanya injil sejati inilah yang dapat membawa perdamaian bagi manusia berdosa; perdamaian dengan Allah Bapa di Sorga. Inijl inilah yang harus kita kabarkan ke seluruh dunia menurut amanat agung dari Kristus. Dibutuhkan kerelaan yang dari Allah untuk dapat melaksanakannya.

Jadi, hal yang membuat kita dapat melangkah maju sedikit demi sedikit melawan terjangan dunia ini adalah kerelaan kita untuk memberitakan Injil sejati. Tanpa memberitakan Inijl, maka kita tidak akan dapat maju, tidak akan dapat bertumbuh! Hanya dengan alas kaki kerelaan inilah, kita dapat mengambil satu langkah demi satu langkah maju, tanpa khawatir ada batu tajam di kaki kita.

Kiranya kita boleh meminta kerelaan lebih untuk diberiNya beban mengabarkan Injil. Supaya kita boleh terus maju dalam peperangan ini dan menang pada akhirnya.

Gambar diambil dari: http://www.freebiblestudyguides.org/bible-teachings/armor-of-god-shoes-of-preparation-gospel-of-peace.jpg

Comments