Efesus 6:10-20 part 7

Bagian perlengkapan kelima dari set perlengkapan senjata Allah adalah perisai iman. Perisai adalah bagian perlengkapan yang menjadi titik pertahanan pertama. Perisai ini juga merupakan hal pertama yang harus kita pegang di tangan, bukan hanya kita kenakan di tubuh kita.

Perisai tentara Romawi berbentuk agak persegi panjang yang besar. Perisai ini digunakan bukan untuk mengurangi kerusakan dari lawan(seperti baju zirah), namun untuk sama sekali mematahkan serangan lawan. Perisai ini didesain dengan begitu padat, sehingga dapat mematahkan hamper segala jenis serangan, termasuk panah dan didesain cukup besar untuk orang dapat berlindung dibaliknya.

Paulus mengatakan bahwa perisai kita dalam peperangan rohani ini adalah iman kita. Apa itu iman? Alkitab pada surat Ibrani menyatakan, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Menurut definisi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa iman adalah dasar dari harapan kita dan bukti yang menyatakan bahwa apa yang kita harapkan, walaupun tidak terlihat adalah nyata adanya. Iman adalah dasar dari kepercayaan kita kepada Tuhan sang pencipta alam semesta ini dan atas harapan untuk kembali bersekutu denganNya oleh karena karya keselamatan Kristus.

Iman kita akan menjadi perisai utama menghadapi serangan dari si jahat. Dengan iman yang teguh tak bergoyah, serangan-serangan godaan oleh si jahat di dunia ini. Tanpa menggunakan perisai ini, serangan jarak jauh dengan panah pun dapat langsung melukai kita dengan telak. Kita akan mudah sekali jatuh berdosa jika iman kita kepadaNya tidak kuat dan teguh. Tuhan menjanjikan melalui FirmanNya di surat yang ditulis Paulus ini, bahwa dengan beriman kepadanya, maka seluruh panah api iblis akan tertahankan dan kita dapat berdiri teguh menghadapi dunia ini.

Oleh sebab itu, mari kiranya kita sekalian meminta agar iman kita diteguhkan oleh Tuhan kita. Tidak dengan diam saja, namun dengan lebih tekun membaca Firman-Nya dan menyukai setiap perintah-perintahNya. Agar hidup kita boleh tetap berdiri teguh walau badai dunia menyerang kita.

gambar diambil dari: http://www.freebiblestudyguides.org/bible-teachings/armor-of-god-shield-of-faith.jpg


Comments