Efesus 6:10-20 part 8


Selanjutnya, Paulus menyebutkan ketopong keselamatan sebagai perlengkapan perang Allah. Ketopong adalah perlengkapan yang berguna untuk melindungi kepala dari serangan lawan. Mirip seperti baju zirah yang melindungi badan, ketopong berfungsi melindungi bagian dari manusia yang paling penting, yaitu otak.

Keselamatan adalah rekonsiliasi hubungan kita manusia dengan Allah. Hubungan yang telah rusak karena dosa ini, tidak dapat diperbaiki oleh manusia. Namun Allah Bapa, atas kasihNya dan kedaulatanNya mengirimkan AnakNya yang tunggal untuk mati bagi kita, sehingga siapa yang percaya boleh mendapatkan keselamatan.

Keselamatan inilah yang melindungi otak kita dari serangan yang jahat. Seorang prajurit tangguh akan percuma jika prajurit tersebut dihasut oleh lawan. Semakin tangguh kita, jika tanpa keselamatan yang sejati, maka kita bisa saja bukannya membangun kerajaan Allah, namun justru menghancurkannya. Jadi pertanyaannya adalah, apakah kita sudah diselamatkan oleh Kristus dari kehancuran?
\
Pertanyaan ini terkesan sederhana dan banyak orang yang akan dengan yakin mengatakan “TENTU SAJA!” Namun apakah benar demikian? Apakah kita sudah dengan benar mendefinisikan kata ‘selamat’? Di banyak Negara, terutama di Amerika Serikat, kata ‘selamat’ ini banyak diartikan orang sebagai mengangkat tangan dan maju ke depan pada sebuah kebaktian kebangunan rohani. Namun apakah demikian? Alkitab menyatakan bahwa selamat yang dari Tuhan, akan selalu berhubungan erat dengan kesaksian hidup seseorang. Salah satu ciri khas dari orang yang sudah diselamatkan adalah buah yang dihasilkan orang tersebut. Apakah orang tersebut berbuah manis ato asam?

Kiranya kita boleh melihat hidup kita selama ini. Apakah hidup kita merupakan hidup orang yang sudah diselamatkan? Ataukah selama ini, kita hanya merasa bahwa kita adalah anak-anak Allah yang padahal sebenarnya bukan? Kiranya kita mengenakan ketopong keselamatan ini, agar dalam peperangan ini, kita boleh memiliki tujuan yang jelas akan siapa lawan kita dan apa yang harus kita lakukan.

gambar diambil dari: http://www.freebiblestudyguides.org/bible-teachings/armor-of-god-helmet-of-salvation.jpg

Comments