Kolose 1:3-14 part 1


Pada bagian awal isi dari surat ini, Paulus membahas bagaimana gereja di Kolose merupakan gereja yang bertumbuh. Paulus mengatakan bahwa ia mengucap syukur kepada Allah Bapa atas bagaimana jemaat di Kolose beriman kepada Kristus dan mengasihi para orang kudus karena harapan yang mereka miliki di Sorga.

Iman, pengharapan dan kasih, ketiga hal ini adalah tema besar Paulus dalam surat-suratnya ke berbagai jemaat gereja Tuhan. Ketiga hal ini adalah aspek yang sangat penting dalam menopang kehidupan orang Kristen. Terlebih lagi tiga hal ini juga merupakan ciri khas kehidupan orang Kristen di tengah dunia gelap ini.
Orang Kristen memiliki ciri khas iman yang tidak dapat dilihat pada agama apapun. Seperti yang dibahas di pembahasa surat Efesus yang lalu, berdasarkan surat Ibrani dikatakan bahwa iman adalah dasar dari segala yang kita harapkan dan bukti dari segala yang tidak kita lihat. Tanpa iman yang sejati kepada Kristus, segala pengharapan kita akan menjadi harapan kosong yang tak berdasar. Sedangkan tanpa pengharapan yang sejati, maka kasih yang sejati tidak dapat kita pancarkan melalui hidup kita. Ketiga hal ini saling terkait satu sama lainnya dan Paulus memuji jemaat di Kolose karena memiliki ketiga hal ini.

Sebagai orang Kristen kita harus memperhatikan ketiga hal ini dengan seksama. Terus minta Tuhan selidiki hati kita dan memurnikan hati kita yang kotor ini. Karena tanpa kesejatian tiga hal ini, maka keKristenan bukannya akan menjadi hal yang direspek oleh orang, malah sebaliknya akan menjadi bahan hinaan dan cemoohan orang lain.

Kiranya kita terus meminta hati untuk terus mencari Tuhan, agar ketiga pillar ini boleh dibentuknya menjadi sejati dan hidup kita boleh terus berbuah buah yang manis bagi Tuhan.

gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOQhdJYhou4f-SMpfIoWsROfVZtxQNrRT5vURO7jcGEvg0hppFkvuqFjRW5kbQsb0AjzexOBj3ARxo8ubjApr4I8jzt9Gktxwdiju301QGx-qbmDtE04eTBeZ-zIz8HFaaOqTHEvFtNaPb/s1600/Iman+PEngharapan+dan+kasih.jpg

Comments