Kolose 1:3-14 part 5


Selanjutnya, Paulus menunjukkan mengapa ia berdoa tak henti-hentinya untuk jemaat Kolose memiliki pengertian yang benar akan Injil. Paulus menyatakan bahwa pengertian yang benar itu perlu agar mereka dapat berkenan kepadaNya dan dapat berbuah banyak dalam segala hal baik, juga agar pengertian mengenai Allah sendiri dapat bertumbuh.

Paulus tidak mendoakan jemaat di Kolose tanpa tujuan yang jelas. Ia mendoakan jemaat Kolose agar bisa menang dari ancaman pengajaran sesat agar jemaat Kolose boleh bertumbuh lebih lagi dan berbuah lebih lagi. Paulus menyadari bahwa walaupun waktu itu jemaat Kolose sudah bertumbuh dengan baik dan berbuah banyak, mereka bisa hancur seketika jika terpengaruh ajaran sesat yang menyerang mereka. Paulus mengerti bahwa dengan terpengaruh ajaran sesat, maka seluruh kasih dan buah yang dihasilkan jemaat di Kolose akan sia-sia. Oleh sebab itu, Paulus berdoa tak habis-habisnya untuk jemaat di Kolose. Agar janganlah apa yang sudah ada rusak, namun bolehlah semuanya itu terus bertumbuh semakin memuliakan Tuhan.

Di sini Paulus secara tidak langsung menunjukkan apa tujuan kita sebagai orang Kristen. Kita sebagai orang Kristen dicipta hanya untuk memiliki hidup yang berkenan bagi Tuhan pencipta kita. Perkenanan Tuhan ini tentu tidak lepas dari bagaimana kita menggenapi kehendakNya dan bertumbuh semakin serupa dengan Kristus. Salah satu indikator dari hal ini adalah bagaimana hidup kita dapat berbuah.

Pertumbuhan ini bukanlah hal yang bisa diusahakan oleh manusia saja. Pertumbuhan ini tentu membutuhkan usaha kita yang terus membaca Firman dan buku-buku mengenai keKristenan, namun pertumbuhan ini tidak lepas dari anugerah Tuhan sendiri. Oleh sebab itu Paulus berdoa memohonkan ini bagi jemaat di Kolose.
Kiranya kita, sebagai umat Kristen boleh terus mencari pertumbuhan ini, terus memiliki keinginan untuk mencari kebenaran dan tidak lupa untuk berdoa agar Tuhan memberikan hati untuk itu semua.

gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgw-Su6i9YJTxHAo7LuQA1YvPiL3UR_w4LOayGc7ACOJ4Bjhd0Fd62Z52peZOVpEGTP6iMdlH3jc2tIgGMZQ87m7lOgH3A__qlA9LGaqCYEzz0z1HIOxLWecS2LH1dLq1TiXy9E0ckiWU4/s1600/Our_Walk_with_Christ.jpg

Comments