Pengantar Surat Kolose


Atas anugerah Tuhan, satu surat sudah selesai dibahas. Untuk surat selanjutnya yang akan dibagikan di sini adalah surat Paulus kepada jemaat di Kolose.

Surat Paulus kepada jemaat di Kolose ini adalah salah satu surat yang ditulis saat Paulus dipenjara juga, sama seperti surat Paulus kepada jemaat di Efesus. Surat ini juga disampaikan oleh Tikhikus dan Onesimus. Namun ada sedikit perbedaan konteks antara surat Paulus kepada jemaat di Efesus dan Kolose.

Masalah yang dihadapi oleh jemaat di Kolose adalah adanya ajaran dari luar gereja yang menyerang gereja dan menghancurkan gereja ini. Walau ajaran macam apa yang meneyrang ini tidak dideskripsikan dengan detail, pelajaran teologis yang diambil dapat diambil dari surat ini tidaklah berkurang. Justru prinsip-prinsip yang disebutkan Paulus di surat ini adalah prinsip penting yang mendasari iman kita agar kita juga bisa bertahan melawan ajaran sesat pada zaman ini.

Gereja Kolose sendiri merupakan gereja yang dipelopori oleh Epafras, seorang penduduk Kolose yang sedang berada di Efesus ketika Paulus sedang berada di Efesus. Setelah mendengar Firman dari Paulus, Epafras bertobat dan kembali ke Kolose untuk mengabarkan Injil yang sama tersebut. Dari situlah gereja di Kolose berawal.


Kiranya pembahasan surat Paulus ini dapat menumbuhkan iman kita semua dan membuat kita lebih mengenal siapa Tuhan kita lebih lagi.

Comments