Kolose 1:15-23 part 7


Pada bagian terakhir dari perikop ini, Paulus mengutarakan sebuah kondisi agar kita boleh memperoleh seluruh berkat yang ia ucapkan sebelumnya. Paulus mengatakan bahwa semua anugerah tersebut dapat terus dinikmati oleh jemaat di Kolose jika mereka terus beriman, sabar dan tidak berpaling dari harapan sejati yang didapat melalui Injil yang sejati yang telah dikabarkan ke seluruh penjuru dunia di bawah langit.

Hal ini tidak tepat disebut syarat untuk mendapatkan segala anugerah yang disebutkan Paulus. Karena jika disebut syarat, maka ketika manusia memenuhinya, maka sebagai konsekuensinya manusia tersebut akan mendapat anugerah tersebut. Namun karena kejatuhan manusia dalam dosa, maka hal tersebut tidak mungkin dilakukan dengan usaha kita sendiri. Kedagingan begitu kuat, sehingga tanpa Tuhan kita tidak mungkin dapat mengalahkannya. Oleh sebab itu sebagai syarat, hal tersebut tidak akan terpenuhi kapanpun.

Namun hal ini adalah kondisi dimana Tuhan dapat bekerja melalui kita. Dengan bantuanNya kita dapat mempersiapkan tanah yang subur dan gembur untuk siap ditanami benih yang pada kemudian hari akan menghasilkan buah yang melimpah. Hal ini mengingatkan kita kembali kepada kedaulatan Allah. Mulai dari proses pemilihan, penyiapan tanah, menabur benih, memeliharanya dan akhirnya memanennya, semua adalah pekerjaan Allah, walaupun tidak lepas bahwa kita harus menyelaraskan tindakan kita dengan Tuhan dengan bantuanNya senidri.

Mari kita ingat sekali lagi akan hidup kita. Mari kita kembali mengaca dan introspeksi diri. Bagaimana kita menghidupi anugerah Tuhan yang sudah Dia berikan terlebih dahulu sebelum kita manusia dapat meresponinya? Kiranya melalui hidup kita, semua kemuliaan hanya dari, melalui dan untuk Dia Sang Raja saja.
Soli Deo Gloria!
Gambar diambil dari: http://api.ning.com/files/aJLZ8vGhTkrb-pLH*kdJfYs87uzA77aoDKTL52pBLx5GvNkW9O9A2PmqPkbOMs8kYUvOlV4DtfbMvtv9RtvCi7iQFxKrO94t/praisejesus.bmp

Comments