Kolose 1:24-2:5 part 4


Pada dua ayat terakhir di pasal pertama surat ini, Paulus menyatakan bahwa Kristuslah yang Dia beritakan. Paulus mengatakan bahwa dia berusaha memperingatkan dan mengajar orang banyak mengenai kebijaksanaan agar mereka semua boleh menjadi dewasa dalam Kristus. Paulus menekankan kepentingan hal ini dengan mengatakan bahwa demi hal ini, ia rela mengemban beban dan berjuang dengan seluruh energi yah Tuhan berikan, yang bekerja dalam diri Paulus dengan luar biasa.

Pada dua ayat terakhir dalam pasal ini, Paulus menekankan kembali tujuannya dalam pelayanannya. Demi orang-orang bertumbuh dalam Kristuslah, dia berusaha dan menderita. Paulus dengan jelas menyatkaan bahwa dia bertujuan untuk membuat orang-orang dewasa dalam Kristus, bukan hanya sekadar mendengar Firman saja. Oleh sebab itu Paulus terus menggembalakan gereja-gereja mula-mula yang tersebar. Bahkan jemaat di Kolose yang notabene bukan gereja yang dia bangunpun ia gembalakan melalui surat.

Dari sini kita melihat bahwa sekadar mendengar Firman saja tidaklah cukup. Kita harus mengerti Firman tersebut dan menghidupinya, sehingga kita boleh bertumbuh makin dewasa dalam Kristus. Kita banyak yang merasa puas dan merasa cukup dengan Firman yang sudah kita terima. Padahal Firman tersebut bagaikan butir garam kecil dalam lautan luas mengenal Tuhan.

Kita harus mengejar pertumbuhan dalam Kristus. Pertumbuhan ini tentu dapat ditandai dengan berbuahnya buah Roh dalam hidup kita. Semakin kita bertumbuh mengenal dan semakin serupa dengan Kristus, maka kesaksian hidup kita pun akan semakin bersinar. Dan dengan sinar inilah kita dapat membuat sekeliling kita menjadi terang juga bersama dengan kita.

Paulus menjadikan ini targetnya. Demi hal ini dia menderita dan dianiaya. Namun ia terus bersandar pada sumber kekuatan sejati yaitu Yesus Kristus. Melalui diriNya, Paulus mendapatkan kekuatan untuk terus maju di tengah kondisi yang membuat dia seharusnya punya beribu alasan untuk mundur.
Mari kita sekalian bersandar pada sumber kekuatan yang kekal yaitu Kristus sendiri. MelaluiNya, kita boleh memiliki kekuatan untuk terus bertumbuh dan membuat orang lain bertumbuh dan semakin serupa dengan Kristus.

Gambar diambil dari: http://katolisitas.org/wp-content/uploads/2009/03/keselamatan.jpg

Comments