Wednesday, February 27, 2013

Kolose 2:6-15 part 5


Kembali melanjutkan surat kepada jemaat di Kolose, Paulus kali ini membahas mengenai hidup kita yang sudah melalui proses yang Kristus lalui. Paulus menyatakan bahwa diri kita yang lama sudah dikubur bersama kematian Kristus di atas kayu salib dan kita sudah dibangkitkan bersama denganNya dengan kekuasaan Allah. Sehingga kita yang mati dalam pelanggaran dan kedagingan yang belum disunat, dapat hidup bersama Allah dalam kekekalan.

Paulus menggambarkan bahwa karya keselamatan Kristus memiliki tipologi yang serupa dengan hidup ktia sebagai orang yang sudah ditebus. Kita harus terlebih dahulu mematikan diri lama kita yang berdosa, sebelum memperoleh hidup yang diperbaharui dalam kebangkitanNya yang membangkitkan kita juga dari kematian dosa dengan hidup yang sudah lahir baru. Hanya dengan proses inilah kita dapat menikmati rekonsiliasi dengan Allah Bapa.

Proses ini tidaklah mudah. Proses ini akan menjadi sebuah pergumulan dan perjuangan bagi semua orang. Namun kita pasti menang jika kita bersamaNya. Karena scenario tersulit sudah dilalui oleh Kristus sendiri. Dari semua pergumulan kita, dapat dipastikan tidak ada yang melebihi pergumulan Kristus dalam perjalananNya menyelamatkan kita semua. Karena Dia harus berinkarnasi menjadi terbatas, hidup di dunia ini, terus bertumbuh tanpa dosa, hidup memberitakan Injil, taat pada kehendak Bapa sampai akhirnya di salib dan bangkit dari antara orang mati.

Kristus sudah menanggung yang terberat bagi kita semua. Hal yang harus kita lakukan adalah terus bersamaNya kapanpun dan dalam kondisi apapun kita berada. Oleh sebab hal inilah digunakan kata ‘dikubur DENGAN Dia’ dan ‘dibangkitkan DENGAN Dia.’ Kata dengan Dia memberikan penekanan pada kebergantungan kita terhadap Tuhan. Jika kita bersama Dia selalu, maka kita akan selalu memenangkan peperangan tersebut. Walau tidak akan pernah mudah, namun Dia menjanjikan kemenangan.

Kiranya kita semua bergantung kepadaNya dalam segala aspek hidup kita. Jangan kira hidup terfragmentasi lagi, namun hiduplah hanya untuk Kristus. Agar hidup yang satu kali ini boleh berkenan bagi Tuhan kita saja.

Gambar diambil dari: http://candidkerry.files.wordpress.com/2011/07/hemera370_resized1.jpg

No comments:

Post a Comment