Kolose 2:16-23 part 1


Paulus membuka perikop baru ini dengan tema baru; bagaimana kita jangan membiarkan orang lain menjatuhkan kita. Paulus mengatakan bahwa jangan biarkan orang menghakimi kita dalam hal makan, perayaan dan Sabat. Karena semua hal tersebut adalah bayang-bayang dari yang akan datang yang intinya ada pada Kristus.

Hal ini penting dibahas oleh Paulus karena banyak dari guru-guru palsu yang menyesatkan jemaat di Kolose dengan mengambil ajaran-ajaran Yahudi mengenai tata cara makan, beribadah dll. Paulus menekankan bahwa oleh karena karya keselamatan Kristus yang sudah menggenapi seluruh hukum Taurat, maka hukum Musa sudah tidak lagi berlaku. Tidak berlaku bukan berarti dihilangkan, namun Kristus telah memberikan makna baru yang sebenarnya akan hukum-hukum tersebut. Di sini Paulus menekankan bahwa jangan kiranya ada orang yang menyesatkan kita dengan memaparkan hukum lama yang sudah digenapi oleh Kristus.

Walau nampak sederhana, masalah ini juga terdapat pada gereja zaman sekarang. Gereja zaman sekarang banyak yang dengan mudah dipermasalahkan dengan hal-hal yang tidak signifikan. Banyak umat Kristen sekarang yang terlalu mempermasalahkan detail sampai gagal melihat gambaran besarnya. Paulus mengatakan, semua hal tersebut hanyalah bayang-bayang belaka. Inti dari semua hukum tersebut itu adalah Kristus sendiri.

Kekristenan bukanlah mengenai mencari batas antara benar dan salah. Kekristenan adalah mengenai mencari inti pusat dari segalanya. Oleh sebab itu, kiranya kita semua melihat gambar besar dari karya keselamatan Kristus dan menariknya kepada aplikasi dalam hidup sehari-hari. Jangan terbawa arus yang berusaha melihat detail-detail dan gagal melihat inti dari segalanya.

gambar diambil dari: http://www.morallaw.org/images/Top%20of%20monument%20in%20dark.JPG

Comments