Kolose 2:16-23 part 2

Paulus melanjutkan perikop ini dengan mendaftar ajaran-ajaran sesat yang sedang menyerang jemaat Kolose. Paulus mengatakan bahwa janganlah kita didiskualifikasikan dari kerajaan Tuhan karena berfokus kepada asketisme (ajaran yang mengajarkan orang untuk melukai dirinya sebagai penderitaan), memuja para malaikat-malaikat jahat dengan bergantung pada mereka dan terlalu dalam mempercayai pengelihatan. Hal ini membuat kita gagal memegang dengan erat Kepala dari gereja yang melaluiNya gereja dirajut menjadi sebuah kesatuan yang bertumbuh dalam Tuhan.

Ajaran-ajaran sesat ini adalah ajaran sesat yang banyak beredar di Kolose pada waktu itu. Ajaran ini semua menyimpangkan jemaat Kolose yang belum memiliki dasar kuat karena hanya menerima dasar Injil dari Epafroditus. Bahkan sampai sekarang, dapat dikatakan bahwa ketiga ajaran sesat ini masih begitu kuat mempengaruhi kekristenan. Mulai dari orang yang menyiksa diri dengan menahan diri melakukan banyak hal agar dapat hidup lebih suci, sampai orang-orang yang terus-menerus berkoar-koar bahwa dirinya telah mendapat pengelihatan tentang masa depan. Herannya, banyak jemaat Kristen yang sudah jelas-jelas ditebus pun ikut tergoyahkan. Banyak yang percaya pada fenomena-fenomena tersebut yang jelas Paulus hardik sebagai bidat di surat ini.

Jika kita terjebak dalam ajaran-ajaran dunia ini, maka kita akan kehilangan arah hidup kita. Karena Kepala dari gereja yang mengontrol seluruh hidup dari gereja sudah kita buang. Seperti tubuh yang tanpa kepala, gereja Tuhan tidak akan dapat berbuat apa-apa tanpa Kristus menjadi kepalanya. Dan poin penting yang perlu diingat adalah bahwa tubuh tanpa kepala tidak dapat bergerak mencari kepala. Hanya karena Tuhan itu kasih, maka Dia mau meletakkan kaki dian dan menjadi kepala atas gerejaNya.

Kesempatan untuk diterangi kaki dian merupakan anugerah yang luar biasa. Hanya karena Dia berkehendak, maka hidup kita dapat dipakaiNya. Namun kembali ke pokok permasalahan, kita tidak akan dapat melihat kemuliaan Tuhan dengan hidup yang terombang-ambing oleh ajaran-ajaran sesat yang menyimpang.

Oleh sebab itu marilah kita minta kepada Tuhan agar diberikan hidup yang berakar kuat dalam ajaran Injil yang benar absolut berdasarkan Alkitab, sambil terus memohon agar diterangi dengan kaki dianNya. Agara hidup kita boleh menjadi hidup yang terus bertumbuh dalam Dia dan boleh semakin serupa dengan Kristus teladan kita.

Gambar diambil dari:http://failedmessiah.typepad.com/failed_messiahcom/images/arch_of_titus_in_rome.jpg

Comments