Kolose 2:16-23 part 4


Paulus mengakhiri perikop ini dengan menyatakan bahwa semua kepercayaan-kepercayaan yang disebarkan oleh guru-guru sesat Nampak begitu bijak dalam meninggikan agama buatan mereka sendiri dan asketisme untuk menyakiti diri. Namun Paulus menegaskan bahwa semua hal itu hanyalah untuk memuaskan daging saja, karena semuanya akan meninggikan diri, bukan Kristus.

Paulus memberikan sebuah “pujian” singkat mengenai ajaran sesat yang beredar di Kolose. Paulus mengatakan bahwa ajaran-ajaran ini sangat masuk akal dan terkesan membawa bijaksana yang tinggi. Namun Paulus langsung menghancurkan argumennya dengan mengatakan bahwa semuanya sia-sia. Mengapa sia-sia? Karena semua ajaran tersebut hanyalah meninggikan diri sendiri, bukan Kristus. Dari poin ini kita dapat melihat ciri-ciri kesalahan fatal dari ajaran palsu ini. Ajaran ini tidak membawa kita lebih dekat kepada Tuhan.

Dengan ciri-ciri ini, kita dapat langsung dengan jelas memisahkan ajaran yang sejati dan yang palsu. Ajaran yang asli dan sejati akan membawa kita lebih gentar dan meninggikan Tuhan kita. Sebaliknya nampak sebijaksana apapun suatu ajaran, jika ajaran tersebut tidak membawa kita lebih dekat mengenal Kristus, maka ajaran tersebut adalah ajaran yang sia-sia belaka.

Sebagai umat pilihan Tuhan yang sudah ditebus, adalah tugas kita untuk peka terhadap ajaran-ajaran sepert ini. Kita harus lebih peka terhadap ajaran-ajaran yang menyelip masuk ke gereja. Ajaran ini akan Nampak begitu benar, namun ajaran ini tidak akan membangun iman kita terhadap Tuhan kita. Oleh sebab itu kita harus menolak ajaran ini dengan keras. Hal ini akan menjadi tantangan yang sulit, karena ajaran semacam ini pada umumnya sangat nikmat karena berorientasi pada peninggian diri kita. Namun walau sulit, kita akan tetap menang bersama Kristus.

Oleh sebab itu, mari kita meminta dengan tekun kekuatan untuk menghadapi ajaran-ajaran sesat seperti ini. Janganlah bergantung pada diri sendiri, karena pasti kita akan kalah jika kita bergantung pada diri sendiri.

Gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgg_SJZQf2GlDMSP98IIbhg8oUanwaGruZF74kivpWQtHucWtnRihzzDBhIcsZGgicqGOraR62yqTkDhpZVzT5SMRrG-M6dEQsQ7hG1ysq44NWsVJQkHHMyBxn2OL6DJQ4YMuq_IbtuX1I/s1600/Fill+me.png

Comments