Kolose 2:16-23 part FINAL


Pada bagian ini dalam suratnya ke jemaat di Kolose Paulus memfokuskan pesannya tentang bagaimana Kristus dan kematianNya yang membuat kita bisa menang terhadap ajaran-ajaran sesat yang menyerang jemaat di Kolose pada waktu itu. Paulus menekankan kepada jemaat do Kolose bahwa semua hal yang bersifat hukum manusia tidak akan mendiskualifikasikan kita dari daftar di buku kehidupan. Karena semua hal tersebut sudah terlebih dahulu digenapi oleh Kristus.

Paulus juga menjelaskan bahwa ajaran-ajaran ini akan Nampak sangat bijak dan mengitu menawarkan kemudahan dalam mengikut Kristus. Namun ajaran ini hanya akan menawarkan peninggian diri sendiri, bukan Tuhan. Ini membuat kita gagal melihat Kristus sebagai kepala dari gereja. Tanpa Kristus sebagai kepala gereja, maka tidak aka nada arti dalam hidup kita lagi.

Paulus secara jitu melihat cara menyerang masalah di jemaat di Kolose. Paulus kembali mengingatkan jemaat di Kolose yang hatinya mulai ragu dengan Injil yang mereka sudah terima dan imani. Kemudian Paulus menegaskan bahwa inti semuanya bukan hukum-hukum manusia yang tidak membuat kita mengenal Kristus tersebut. Inti dari semuanya ada Kristus itu sendiri.

Teriakkan Paulus pada surat ini tidak hanya berlaku untuk jemaat Kolose pada masa itu. Teriakan ini juga berlaku bagi kita yang hidup di zaman ini. Paulus mengingatkan kita, jemaat yang dipilih Tuhan akan Kristus yang merupakan satu-satunya jalan kita berdamai kembali dengan pencipta kita. Apakah kita sudah meresponi Firman ini dengan baik? Ingatkah kita akan Dia, ketika ada bisikan sesat yang dibisikkan setan? Jika mengingat betapa berharganya Kristus itu bagi kita, maka kita akan melihat segala sesuatu yang lain dari pada itu menjadi tidak berharga lagi. Hanya dengan ini fokus kita kembali akan terjaga dan hidup kita akan lebih siap untuk dipakai oleh Tuhan kita untuk memuliakan Dia.

Kiranya hidup kita semua boleh menjadi hidup yang terus meratap meminta bimbingan Tuhan untuk setiap langkah yang kita lalui dalam hidup ini. Agar boleh hidup kita dituntunNya melewati kegelapan dunia ini dengan menjadi terang bagi kegelapan di sekitar.

Gambar diambil dari:http://disciplegideon.files.wordpress.com/2012/07/body_of_christ_hahlbohm_home.jpg

Comments