Kolose 2:6-15 part 6


Paulus melanjutkan dengan membahas mengenai kita yang ditebus oleh Kristus. Pernyataan ini tentu sudah sering kita dengar, namun kali ini Paulus memfokuskan pada bagaimana kita yang melanggar hukum Tuhan dan belum disunat dari kedagingan kita dihidupkan kembali dengan menghapuskan segala hutang kita dengan memakukannya di salib.

Pada pernyataan Paulus ini kita dapat melihat bagian hutang lebih detail. Paulus menggambarkan hubungan kita dengan Allah dengan kata hutang ini. Ini menggambarkan bagaimana kita berhutang nyawa kepada Tuhan yang telah menyelamatkan kita. Hutang ini timbul karena kita yang harusnya binasa dapat diselamatkan dan memperoleh hidup yang kekal karena kematian Kristus di kayu salib.

Namun satu hal yang perlu kita sadari mengenai hutang, hutang berarti ada yang menanggung bagian kita dalam sesuatu hal dimana kita berhutang. Misalkan kita berhutang makan, maka pihak yang kita hutangi berarti terbebani dengan biaya makanan kita. Berarti jika kita berhutang nyawa kepada Kristus, Kristuslah yang harus menanggung biaya jiwa kita ini. Dan juga Dia bukan saja hanya menanggung jiwa satu orang saja, namun semua manusia dari awal ketika dunia dijadikan sampai kiamat nanti, semua jiwa orang percaya ditaggungNya.

Hal ini yang menyebabkan peristiwa kehidupan Kristus menjadi luar biasa. Untuk dapat menanggung semua jiwa ini, Dia harus berinkarnasi dari yang tidak terbatas menjadi yang terbatas. Kemudian Dia harus menjalani hidup sebagai manusia yang selalu disalah mengerti oleh orang-orang. Bahkan Dia harus menderita dicambuk dan memikul salib sampai akhirnya disalibkan. Lebih dari itu semua Allah Bapa pun meninggalkan Dia karena dosa kita semua yang Dia tanggung di kayu salib.

Mari kita kembali melihat hutang kita ini. Tentu kita tidak dapat membayar hutang ini dengan usaha kita ataupun berusaha meringankan hutang kita. Namun kita dapat hidup sesusai dengan kehendakNya. Kita dapat hidup menyukakan hatiNya. Jika kita sadar betapa besar pengorbananNya yang Dia lakukan dengan kerelaan, mari kita hidup suci dan menyukakan hatinNya.

Gambar diambil dari: http://www.cocorioko.net/wp-content/uploads/2012/04/jesus-on-the-cross.jpg

Comments